8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR GIS

8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR GIS - Pertanyaan awam, apa itu LIDAR?

LIDAR kepanjangan dari Light Detection and Ranging, adalah teknologi pemetaan remote sensing (penginderaan jauh) yang sedang trend di kalangan para surveyor geodesi.

Singkatnya, LIDAR menggunakan sinar laser yang mana laser tersebut menuju ke target dan dipantulkan kembali ke alat. Hasil pantulan laser LIDAR akan memberikan informasi detil tentang posisi (X,Y,Z) dan bentuk target.

Contohnya...

Sinar laser LIDAR yang mengenai pada bagian atas, tengah, dan bawah pohon, menghasilkan bentuk model pohon secara nyata, begitu juga dimana posisi pohon berada.

Itu baru pohon, belum gedung, lapangan, dan kenampakan bumi yang lain. Hebat bukan?

Instrumen LIDAR sendiri terdiri dari laser, scanner dan GPS. Wahana LIDAR biasanya pesawat atau mungkin helicopter.

Lalu, apa software terbaik pengolah data LIDAR?. Berikut 8 Aplikasi Software Terbaik Pengolah Data LIDAR yang bisa anda temukan online menurut GIS Infomedia.

1. Global Mapper


8 Aplikasi Software Terbaik Pengolah Data LIDAR

Global Mapper dapat menjadi pilihan utama anda sebagai software pengolah data LIDAR. Software ini cocok bagi anda yang pemula dan mastah. Terdapat ekstensi Global Mapper yaitu LIDAR Module yang menjadikan software ini ampuh memproses data LIDAR berupa point cloud.

Global Mapper mampu mengklasifikasikan data point cloud secara otomatis, membuat model surface dari point cloud secara 3D, mengekstrak point cloud ke dalam format lain, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri telah mencoba software Global Mapper, dan menurut saya software ini tidak berat di laptop atau komputer. Harga Global Mapper cukup terjangkau untuk software yang juga dapat melakukan analisis GIS.

Untuk lebih detail mengenai Global Mapper, anda dapat mengunjungi situs BlueMarble Geographic.

Namun bagi Anda yang ingin membeli lisensi Global Mapper dalam bentuk mata uang Indonesia (Rupiah), anda bisa membeli software ini di PT Geonet Infomedia, sebagai satu-satunya Authotized reseller (resmi)  Global Mapper di Indonesia.

Selain pembelian lisensi, Anda juga akan mendapatkan FULL support dari kami seperti license maintenance serta troubleshooting lainnya terkait aktivasi Global Mapper.

Bagi Anda yang ingin mempelajari Global Mapper dari awal hingga mahir, PT. Geonet Infomedia juga menyediakan paket pembelian lisensi Global Mapper beserta pelatihan Tutorial Global Mapper

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui e-mail ke dnfatimah@geonet.co.id atas nama Diana Nur Fatimah, Sales Manager dari PT Geonet Infomedia.

2. RIEGL RiALITY


RIEGL RiALITY, software dari Austria ini mengolah data point cloud LIDAR dari IPad dan mampu menampilkan point cloud dalam 3D secara warna nyata (true color).

Luar biasa bukan?..

Namun, untuk dapat menggunakan RIEGL RiALITY, anda harus menggunakaan alat laser bawaan dari perusahaan RIEGL yaitu RIEGL terrestrial laser scanners.

3. Lizardtech


Jika anda mengeluhkan data LIDAR yang begitu besar untuk komputer anda, mungkin LIDAR Compressor menjadi solusi sekaligus menjadi pilihan sebagai software pengolah data LIDAR anda.

Bayangkan saja, software ini mampu mengurangi kapasitas ukuran data LIDAR sebesar 25% dari ukuran data semula dan tetap mempertahankan kualitas data LIDAR.


LP360 merupakan ekstensi software ArcGIS untuk memproses data LIDAR. Para mastah GIS pasti sudah mengenal bahwasanya ArcGIS adalah ketuanya software GIS.

Hebatnya lagi, LP360 memiliki 3 kelebihan yang diunggulkan diantaranya: 

  1. Visualisasi data point cloud yang cepat ke dalam bentuk DEM, TIN, dll secara 3D
  2. Ekstraksi data LIDAR ke dalam bentuk poligon berupa shapefile
  3. Klasifikasi otomatis data point cloud LIDAR

Ekstensi ArcGIS ini juga mampu melakukan digitasi batas area wilayah dengan kondisi yang diinginkan secara otomatis.


FME atau lebih dikenal Feature Manipulation Engine merupakan software pengolah data spasial yang cukup mumpuni. Software asal negara Kanada yang terkenal dalam menangani konversi format data spasial dan non-spasial ini ternyata memiliki tool untuk mengolah data LIDAR. 

Anda pun juga dapat mengubah format data LIDAR ke format lain dengan mudah dan cepat. Banyak fitur pada software ini yang menurut saya cukup memadai dalam pengolahan data LIDAR.


GRASS GIS terkenal sebagai software gratis nya GIS yang memiliki tools untuk mengolah data point cloud LIDAR dan selanjutnya hasil pengolahan data LIDAR dapat dinalisis secara GIS. Jadi, bagi anda yang ingin software gratisan, saya rasa GRASS GISS bisa menjadi opsi yang tepat.


ENVI adalah salah satu software yang paling ampuh dan terkenal untuk data remote sensing. Software ini banyak digunakan oleh para ahli di bidang penginderaan jauh. 

Termasuk juga saya (tetapi saya belum dikatakan ahli) hehe

ENVI - LIDAR mampu membuat visualisasi 3D data point cloud LIDAR dan melakukan ekstraksi fitur penting seperti bangunan, vegetasi, jalan dll dengan mudah dan cepat. 


LAStools juga merupakan ekstensi yang digunakan untuk ArcGIS. Software ini mampu mengklasifikasi, tiling, konversi, melakukan filter, clip, data LIDAR dan masih banyak lagi fitur yang bisa digunakan untuk keperluan pengolahan data LIDAR.

Jika anda ingin memiliki software pengolah data LIDAR yang cepat dengan penyimpanan memori yang terbilang sedikit, LAStools bisa menjadi solusi bagi anda. 


Itulah 8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR GIS menurut GIS Infomedia. Pastinya banyak software pengolah data LIDAR diluar dari 8 software tersebut. 

Namun, apapun software yang anda gunakan untuk mengolah data LIDAR, pastikan anda tidak sering begadang dan jangan lupa sholat 5 waktu bagi anda yang beragama Islam. 

6 Responses to "8 Software Terbaik Pengolah Data LIDAR GIS "

  1. thank's for your effort to promote our company :)

    ReplyDelete
  2. why the color of toolbar is pink??? LoL

    ReplyDelete
    Replies
    1. it has changed to blue. go check it out xD

      Delete
  3. Spesifikasi laptop minimal Yang disarakan untuk mengolah data lidar apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal RAM 8GB mas. Saran saya laptop gaming sudah bagus untuk mengolah data lidar.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel