5 Software Terbaik Pengolah Data Drone GRATIS

5 Software Terbaik Pengolah Data Drone Gratis - Teknologi pemetaan drone digunakan oleh perusahaan yang butuh informasi data spasial dengan cakupan area luas seperti pertambangan. Sebab akuisisi data secara terestrial memakan waktu, biaya, dan tenaga.

Dalam dunia mapping, Drone adalah teknologi alat survey pengukuran non terestrial yang hasilnya cepat, murah, dan efisien. Drone biasa dikenal sebagai UAV (pesawat tanpa awak). Hebatnya, drone dapat disisipkan dengan berbagai alat sensor seperti Drone untuk LiDAR.

Keakurasian hasil foto drone tak lepas dari aplikasi pengolah datanya. Software pengolah data drone rata-rata berbayar, namun berikut rekomendasi Software Terbaik Pengolah Data Drone Gratis untuk anda.


1. Precission Mapper


PrecisionMapper adalah software pengolah data foto udara (seperti drone) yang ditampilkan bersamaan dengan informasi GPS supaya dapat disajikan secara 2D dan 3D. Software ini tidak serta merta gratis melainkan bayar per bulan (subscription).

Jangan khawatir, pada versi gratis anda akan diberikan trial 60 kali survey/tahun tanpa batasan resolusi hasil olahan foto dan tools konversinya. Selain itu, anda juga dapat melakukan perhitungan volume, pembuatan garis kontur, dan proses NDVI.

2. Drone Deploy 


Drone Deploy bukanlah software pengolah data drone yang gratis, namun disediakan waktu 14 hari trial secara GRATIS yang dapat anda manfaatkan. Walaupun trial, tidak terlalu buruk untuk sekelas software komersil yang namanya cukup besar di pasar penjualan.

Dalam trialnya, software ini menawarkan fitur seperti anotasi, perhitungan jarak dan volume secara realtime, serta beberapa opsi untuk pengolahan aerial image secara cepat. Jika anda berminat membeli software ini, anda tak akan menyesal. Kalau ada yang berbayar kenapa harus gratis :)

3. WebODM 


WebODM adalah software gratis pengolah foto drone yang dikembangkan oleh OpenDroneMap. Sayangnya, instalasi otomatis WebODM  tidak gratis. Namun, anda dapat cari cara menginstal WebODM secara manual melalui tutorial yang diunduh di GitHub. 

Proses ortomosaik, pemodelan 3D, pembuatan DEM, garis kontur, dan export data drone ke point clouds serta kustomisasi (coding) dapat dilakukan di software open source ini. Selain itu, WebODM dapat melakukan perhitungan volume, luas, dan titik kontrol sruvey (GCP).

Bagi anda yang pemula, WebODM kurang pas. Sebab, konfigurasi dan tampilan software ini cukup kompleks serta diperuntukkan bagi yang mahir (advance). Tetapi fitur-fitur WebODM tak kalah dengan Software Terbaik Pengolah Data Drone Gratis lainnya.

4. DJI GroundStation


Jika anda memiliki Drone DJI, jangan takut tak bisa olah datanya. Sebab DJI GroundStation solusinya. Dengan sekali sentuh, Drone DJI terbang memetakan area dari rute yang anda tetapkan. Namun, software ini hanya khusus perencanaan dan kontrol saja bukan pengolah data.

Tampilan DJI GroundStation user friendly dan mudah dipelajari bagi pilot yang pertama kali memetakan dengan drone. Fitur yang disediakan cukup lengkap, DJI juga menyediakan pilihan upgrade dari segi fitur project pemetaan. 

5. Rapid DroneMapper


Rapid DroneMapper adalah software fotogrametri yang gratis full setahun dan dapat anda download di website mereka. Hasil pengolahan foto drone dari software ini mampu menghasilkan data ortomosaik, DEM beresolusi tinggi, dan berbagai output data yang dapat dikonversikan ke format Geotiff.

Sayangnya, versi gratis software ini hanya mampu menampung 250 foto dalam sekali olah. Jika anda menyukai software pengolah data drone ini, anda dapat membeli versi pro-nya yang mampu menampung 10K foto. Selain itu tampilan Rapid DroneMapper mudah dipahami sebab diperuntukkan khusus pemula. 

Sekian artikel 5 Software Terbaik Pengolah Data Drone GRATIS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Software Terbaik Pengolah Data Drone GRATIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel