Panduan Tata Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi

Cara beli citra satelit resolusi tinggi - Bagi anda ingin beli atau pesan citra satelit resolusi tinggi untuk pembuatan peta skala besar atau terkait pekerjaan GIS. Namun, anda tak tahu harga beli dan prosedurnya. Jangan cemas, karena saya akan menjelaskan caranya.

Terlebih dahulu, mari kita kupas sejenak pengertian dan kegunaan citra satelit.


Banyak instansi (swasta dan negeri) membutuhkan data citra satelit. Alasannya, citra satelit menyajikan detil secara spasial wilayah objek pekerjaan mereka yang direkam oleh sensor satelit di luar angkasa. Biasanya untuk sektor pertanian, pertambangan, dan kehutanan.

Penyedia terbesar layanan data citra satelit di dunia adalah Digital Globe. Didirikan tahun 1992, perusahaan asal Amerika itu memiliki satelit yang mampu memotret permukaan bumi dengan resolusi tinggi diantaranya: World View, Ikonos, GeoEye, dan Quick Bird.

Dari pada kelamaan, berikut saya paparkan panduan lengkap alur cara beli citra satelit resolusi tinggi dari Digital Globe.

1. Wilayah Cakupan Citra Satelit (AOI)


AOI kepanjangan dari Area Of Interest adalah scope (cakupan) area geografis yang akan menjadi batas pekerjaan. Bahwasanya, harga jual citra satelit berdasarkan luas. Oleh sebab itu, besar kecilnya harga citra satelit bergantung dari luas AOI.

Panduan Lengkap Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi

AOI didefinisikan dari titik koordinat batas wilayah citra. Biasanya data AOI berupa shapefile poligon yang diperoleh dari Software GIS. AOI dapat dibuat oleh anda (client) sendiri atau diserahkan pada konsultan pemetaan sesuai atas instruksi anda.

2. Pencarian Citra Satelit di Situs Digital Globe


Pihak konsultan akan mencari ketersediaan citra satelit di situs Digital Globe berdasarkan wilayah AOI dan kriteria citra satelit yang telah ditentukkan. Syarat citra satelit yang akan dipilih yaitu posisi Nadir < 25°Cloud Cover < 20%, dan tahun citra sesuai request client.

Panduan Lengkap Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi

Selanjutnya, pihak konsultan pemetaan akan membuatkan quicklook yang berisi lampiran informasi detail citra satelit (termasuk pilihan citra 4 atau 8 band). Quicklook tersebut nantinya akan dikirimkan kepada anda sebagai client. 

3. Konfirmasi Quicklook Citra Satelit


Pada tahap ini, anda harus putuskan untuk menerima atau menolak hasil quicklook. Jika anda setuju, maka akan berlanjut pada proses pemesanan citra. Jika tidak, terdapat dua opsi yaitu membeli citra tasking atau membeli pada vendor lain seperti Airbus Pleiades.

Pembelian citra tasking diakibatkan view citra satelit pada AOI tidak memenuhi kriteria (tertutup awan). Proses pembelian citra tasking butuh waktu. Sebab, konsultan harus request ke Digital Globe untuk merekam wilayah AOI anda hingga sesuai kriteria.

Sedangkan pembelian citra pada Airbus Pleiades pada dasarnya sama seperti di Digital Globe. Hanya saja, kita berharap terdapat data citra satelit bebas awan saat pencarian di database Airbus Pleiades. Jika tidak menemukan hasil, citra tasking solusinya.

4. Pemesanan Citra Satelit


Jika anda sebagai client setuju dengan hasil quicklook yang diberikan oleh pihak konsultan, maka kedua belah pihak harus menandatangani surat kontrak Order Quotation dalam bentuk scan yang nanti akan dikirimkan ke pihak Digital Globe sebagai tahap pembelian.

Perihal informasi detail harga pembelian citra satelit resolusi tinggi melalui Digital Globe, segera hubungi Diana Nur Fatimah (Sales Manager) E-mail: dnfatimah@geonet.co.id atau kunjungi website PT.Geonet Infomedia

5. Pengolahan Citra Satelit


Setelah proses pembelian citra satelit selesai, pihak Digital Globe akan mengirimkan username dan password ke pihak konsultan pemetaan untuk proses download file citra satelit melalui FileZilla (FTP). Anda hanya perlu menunggu hasil pengolahan citra satelit.

Pengolahan citra satelit resolusi tinggi membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja. Tahapan pengolahan citra satelit meliputi enhancement (penajaman warna), koreksi geometrik, dan mosaik. Disini, kami juga menerima jasa pengolahan citra satelit, tapi tidak gratis hehe.

Dibawah ini hasil contoh pengolahan citra satelit Divisi Remote Sensing PT. Geonet Infomedia

Contoh Hasil Pengolahan Citra Satelit


Panduan Tata Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi                                                                                Before

Panduan Tata Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi                                                                                After

Sekian artikel Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Panduan Tata Cara Beli Citra Satelit Resolusi Tinggi"

  1. Selamat sore pak, saya Nahar ingin bertanya terkait pembelian citra. Kalau untuk luasan sekitar 5-7 km2 citra worldview perekaman 2018-2019 tujuan penggunaannya untuk tugas akhir, dikenakan biaya berapa ya pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan e-mail ke dnfatimah@geonet.co.id yah pak untuk lebih jelasnya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel