Peran Teknologi Drone di Dunia Tambang Batubara

Peran drone untuk dunia tambang - Bagi industri tambang (mining), drone adalah alat survey yang efektif, akurat, & cepat dalam akuisisi data. Sejak kemunculannya, peran drone untuk mapping begitu besar seperti pemetaan topografi di area tambang batubara.

Peran Teknologi Drone di Dunia Tambang Batubara

Awalnya, drone untuk kalangan militer. Kini, semua kalangan dapat menggunakannya, termasuk youtuber. Drone dioperasikan dengan cara diterbangkan ke udara. Saat di udara, drone melakukan proses akuisisi data seperti merekam video, atau memotret gambar.

Berikut paparan Peran drone di dunia tambang khususnya tambang batubara:

Keuntungan Pemakaian Drone di Dunia Tambang


1. Akurasi Pengukuran yang Tinggi


Pengukuran volume stockpile(timbunan) di area tambang dengan drone lebih efektif ketimbang total station/ survey GNSS. Sebab, semua permukaan gundukkan stockpile terukur dan teridentifikasi. Jadi hasil perhitungan volume yang akan dihasilkan lebih akurat.

Peran Drone di Dunia Tambang Batubara

2. Survey Drone Lebih Murah dan Repetitif


Perekaman data dengan drone 30x lebih cepat daripada survey terestrial (tradisional) dan surveyor tidak harus di lokasi pengukuran. Jika terjadi kesalahan pengambilan data, bisa dilakukan pengukuran ulang tanpa mengeluarkan biaya (cost) yang besar.

3. Mengurangi Resiko Kecelakaan Pekerja 


Drone memungkinkan anda untuk mensurvei area tambang yang biasanya sulit diakses dengan peralatan survei tradisional. Hal ini dapat mengurangi resiko bahaya yang dihadapi karyawan saat menaiki timbunan stockpile saat pengukuran di lapangan.

Aplikasi Drone di Industri Pertambangan


1. Manajemen Perhitungan Volume Stockpile


Stockpile berbentuk tidak teratur, sehingga sulit memperkirakan volumenya dengan presisi jika menggunakan total station. Selain lamban, metode tersebut mengancam keselamatan surveyor yang naik-turun dari stockpile saat bekerja di tengah-tengah mesin keruk.

Peran Drone di Dunia Tambang Batubara

Melalui survey drone, dapat digunakan untuk menghasilkan point cloud, DSM, DTM, dan rekonstruksi 3D site tambang, termasuk area stockpile. Karena point cloud terdiri dari ribuan titik, perhitungan volume yang akurat dapat dilakukan dengan mudah.

Dengan drone, analisis perhitungan cut and fill dapat dilakukan berdasarkan hasil survey drone sebelumnya. Selain itu, hasil perhitungan volume stockpile drone membantu untuk validasi jumlah material (batubara) yang dipindahkan oleh subkontraktor.

2. Monitoring dan Perencanaan Operasi Site Tambang


Peran Drone di Dunia Tambang Batubara

Dengan model site yang akurat dari foto drone, seorang manager tambang bisa merancang & mengelola operasi site lebih efisien. Peta DEM yang dihasilkan dari software pengolah data drone bisa memodelkan aliran sedimen dan rencana pembuatan kolam.

Pemantauan kemajuan progres tambang secara mingguan atau bulanan dapat dilakukan mengingat survey drone dapat dilakukan berulang-ulang. Hal ini juga bisa berdampak positif pada laporan finansial ketika adanya aduit perusahaan.

3. Rencana Pengeboran atau Peledakan


Peledakan pada industri batubara diperlukan untuk memecah belah batuan yang sulit dihancurkan. Dengan menggunakan drone, gambar yang dihasilkan lebih mudah untuk rekonstruksi 3D dan model permukaan pada area yang akan diledakkan atau dibor.

Model-model ini digunakan untuk menganalisis secara akurat area yang akan dibor. Dengan perkiraan yang tepat, akan memungkinkan pada pengelolaan sumber daya yang efisien seperti jumlah truk yang dibutuhkan.

Perbandingan dengan survei sebelum dan sesudah peledakan akan memungkinkan volume yang dihitung lebih akurat. Hal ini untuk menetukkan rencana wilayah pengeboran/peledakan di masa depan.

4. Identifikasi Potensi Bahaya 


Peran Drone di Dunia Tambang Batubara

Keselamatan pekerja adalah prioritas utama di lokasi tambang. Dengan gambar beresolusi tinggi dari drone, Anda dapat memeriksa area yang sulit diakses tanpa membahayakan diri para pekerja.

Foto drone juga membantu untuk memastikan fitur tambang seperti lereng, bendungan, ketinggian tanggul memenuhi standar keselamatan dan tidak akan berpotensi menimbulkan bahaya.

Demikin artikel Peran drone untuk dunia tambang batubara. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Peran Teknologi Drone di Dunia Tambang Batubara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel