5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

.
Aplikasi GIS gratis terbaik untuk android & IOS - Aplikasi GIS berbasis mobile dibutuhkan segala bidang, seperti kesehatan, pertanian, perhutanan, pendidikan dsb. Software GIS ada yang bayar & gratis. Platformnya mobile (android/IOS), dan bisa didownload di google playstore.

Apa contoh pemanfaatan aplikasi GIS di kehidupan sehari-hari?
5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS
Salah satunya pada bidang jasa transportasi online yaitu aplikasi Gojek. Kita sendiri bisa merasakan dampak adanya gojek. Gojek memanfaatkan teknologi GIS terkait pengembangan dan inovasi perihal spasial (maps).

Saya sendiri juga pernah membuat aplikasi mobile berbasis GIS untuk kebutuhan survey offshore di Pertamina. Kalau ingin tahu tentang aplikasi yang saya buat, DM aja di Instagram @mrlukmanhakim (tapi follow dulu ya :> )

So..., hebat sekali bukan pemanfaatan GIS di dunia nyata.

Dari pada nyinyir, skuy simak penjelasan mengenai aplikasi GIS untuk android dan IOS.

Baca Juga : Peran GIS di Dunia Asuransi

5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS


1. MapIt


5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

Mapit adalah aplikasi GIS untuk pengguna android. Aplikasi GIS ini dirancang untuk membantu dalam pengumpulan data survei pemetaan GPS di lapangan.

Aplikasi ini bisa me-record koordinat titik GPS (way point), pengambilan gambar, pembuatan poligon, menampilkan peta basemap, merekam jalur tracking dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat mengkonversikan hasil pengumpulan data di MapIt ke format shapefile, sehingga dapat ditampilkan dan dianalisis lebih lanjut melalui software GIS, seperti ArcGIS, Global Mapper dll.

2. SW Maps


5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

SW Maps adalah aplikasi pengumpul data GIS yang fantastis. Aplikasi ini dijalankan baik dengan android ataupun IOS. SW Maps digunakan pada kegiatan survey di lapangan seperti pengukuran GNSS mode RTK (Real Time Kinematic), survei data sensus, dsb.

Contohnya pada kasus survei data sensus. Sebagai aplikasi pengumpul data GIS, SW Maps dapat menambahkan data informasi yang ditemukan di lapangan seperti penambahan titik landmark serta informasi keterangan lainnya. 

5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

Selain itu, SW Maps juga dapat memberikan informasi lokasi blok sensus, pencarian nama desa, dan navigasi.

Hasil pengumpulan data di aplikasi SW Maps dapat dikonversikan ke dalam bentuk shapefile (.shp) dan KML. Jadi anda dapat menganalisis lebih lanjut perolehan data spasial di lapangan pada software GIS.

3. MapWithUS GIS


5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

Biasanya survei inventaris di lapangan secara tradisional membutuhkan peralatan yang banyak dibawa seperti pulpen, kertas, penggaris, kamera, gps dll. Hal ini menjadi tidak efesien jika ingin merangkap data yang telah terkumpul ketika di kantor (office).

Dengan aplikasi MapWithUS dapat mengumpulkan data cukup dengan satu alat saja, yakni smartphone. 

MapWithUs GIS adalah aplikasi GIS gratis 100% yang dapat diinstal di android dan IOS. 

Aplikasi ini bisa melakukan geo tagging contohnya menambahkan data titik (point), menambahkan gambar, video, text dan bahkan bisa melakukan custom inventaris data sesuai kebutuhan project.

Aplikasi MapWithUS sudah terintegrasi dengan ArcGIS Online sehingga dapat melakukan import data yang dapat digunakan untuk aplikasi lainnya.

Sayangnya, MapWithUS sudah tak update lagi sejak awal juli 2015.

4. Mappt 


5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

Mappt adalah aplikasi pengolah data GIS (data collection app) yang sangat powerful sekali.

Kenapa powerful? nanti saya jelaskan.

Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat, mengedit, menyimpan dan membagikan data cuma pada satu alat (device) yaitu smartphone, bisa juga pada tablet.

Mappt banyak digunakan di sektor pemerintahan, pertanian, dan tambang batubara. Aplikasi ini mudah digunakan sebab tampilan interface-nya sangat friendly dan easy.

Selain itu Mappt sudah terintegrasi dengan ArcGIS Dekstop dan QGIS, jadi import atau export data tak masalah.

Keunggulan aplikasi Mappt sebagai aplikasi GIS terbaik disebabkan fitur yang disediakan. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  1. GPS tracking. Anda dapat membuat sebuah jalur untuk keperluan boundary (batas) sesuai kemana arah Anda berjalan.
  2. Raster View. Anda dapat memasukkan data raster seperti foto drone bahkan data citra satelit beresolusi tinggi
  3. Pembuatan form untuk pengumpulan data yang dapat di kostumisasi
  4. Geo tagging. Mengambil foto lalu memasukkan data atribut ke dalamnya seperti koordinat, nama, lokasi, keterangan dll.
  5. Analisis spatial seperti buffering poligon dan Geofences yang mampu memberikan peringatan (alert) pada batas yang telah ditentukkan.

Jadi, sudah jelaskan mengapa Mappt disebut sebagai aplikasi pengumpul data GIS yang powerful. Lantas, apakah software ini gratis sepenuhnya? Sayangnya tidak, namun ada versi trialnya.

5. Locus GIS


5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS

Locus GIS merupakan aplikasi GIS gratis berbasis mobile sebagai pengumpul data spasial untuk keperluan pemetaan. Jika Anda ingin menggunakan Locus GIS anda harus menginstal Locus Map dan Locus Tweak terlebih dahulu. 

Sama seperti aplikasi GIS lainnya, Locus GIS bisa membuat, mengedit, dan melakukan export data spasial (berupa titik, line, poligon), melampirkan foto, dan membuat jalur tracking GPS.

Selain itu, pada Locus GIS Anda dapat meyunting atribut data hasil pembuatan poligon serta utilitas tambahan seperti perhitungan area poligon dan filtering untuk memudahkan dalam pencarian data.

Sekian artikel mengenai 5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS. Semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "5 Aplikasi GIS Gratis Terbaik untuk Android dan IOS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel