Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

Cara pengukuran GPS geodetik metode RTK-NTRIP - Survey GNSS diperlukan untuk memperoleh hasil perolehan koordinat dengan akurasi yang tinggi. RTK kepanjangan dari Real Time Kinematik adalah salah satu metode pengukuran GPS yang banyak digunakan.

Akurasi survey GPS RTK mencapai 1-2 sentimeter (cm). Prinsip cara kerjanya, minimal terdapat 2 receiver GPS yang bertugas menjadi base (acuan koreksi) dan rover. 

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

Koreksi saat akuisisi pengukuran RTK menggunakan sinyal internet dari rover ke base dinamakan NTRIP. Selama di wilayah pengukuran jaringan internet masih ada, radius metode RTK NTRIP bisa > 2 km.

Apa sih keuntungan pengukuran GPS geodetik pakai metode RTK NTRIP?

1. Peralatan survey yang dibawa sedikit. Pastikan kartu SIM Card ada.
2. Akurasi hasil koordinat mencapai fraksi 1 cm
3. Proses pengukuran cepat dan menjangkau detil objek

Server NTRIP dijalankan pada sistem suatu software dinamakan NTRIP Caster. Sedangkan rover menjalankan client dari software NTRIP. Jadi, NTRIP caster tugasnya mengambil data dari source (gps receiver base). Lalu disalurkan ke client untuk rover sebagai koreksi pengukuran.

Bingungkan? Saya pun juga. Kalau begitu, mari kita simak tutorial dibawah ini

Tutorial Pengukuran GPS Metode RTK-NTRIP

1. Mendirikan Statif (Tripod)

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

Langkah awal survey GPS metode RTK-NTRIP yaitu mendirikan statif (tripod) untuk receiver base. Cara mendirikan statif yang baik dan benar adalah ketiga kaki statif kokoh, membentuk segitiga sama panjang & permukaan statif datar. Tinggi statif harus ideal (tidak terlalu rendah dan tinggi).

2. Pasang Tribrach Diatas Statif

Langkah selanjutnya adalah memasang tribrach di atas permukaan statif. Lakukang proses leveling dengan cara memutar scrup agar gelembung nivo berada di tengah serta posisikan plummet tribrach berada di tengah-tengah titik patok.

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

3. Pasang Kartu SIM GPS Receiver

Pasang kartu SIM Card ke receiver. Provider yang digunakan harus memiliki kekuatan signal yang kuat dan stabil seperti si merah. Untuk merk dari GPS receiver dapat Anda gunakan Trimble, Comnav, dll.

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

4. Pasang Baterai GPS Receiver

Setelah memasukkan SIM Card, pasang baterai pada GPS. Komponen baterai berperan penting pada setiap pengukuran GPS apapun metodenya. Pastikan Anda memiliki baterai GPS cadangan dalam kondisi full charge.   
Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

5. Pasang GPS Receiver Di atas Tribrach

Kemudian alat receiver base dipasangkan pole yang diletakkan di atas tribrach .Pastikan GPS terpasang kokoh agar tidak terjatuh. Setelah terpasang, nyalakan GPS geodetik dengan cara menekan tombol power.

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

6. Konfigurasi Receiver Base

Setelah GPS receiver base sudah dinyalakan, langkah berikutnya adalah konfigurasi base melalui software Survey Master dijalankan di android. Software ini dikembangkan oleh Comnav yang berfungsi untuk pengaturan receiver GNSS yang dipakai. 

7. Persiapan Alat Untuk GPS Rover

Setelah konfigurasi Base telah dilakukan, langkah berikutnya adalah persiapan rover. Sama seperti receiver base, receiver rover juga membutuhkan baterai dan kartu SIM Card. GPS rover tidak menggunakan statif melainkan pole. Sebab alat rover ini bersifat mobilitas yang akan dibawa ke titik ukur.

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

8. Menyalakan GPS Rover

Setelah rover telah terpasang dengan pole, kemudian nyalakan receivernya. Biasanya akan ada notif lampu berkedip yang menandakan alat sedang melakukan proses dinyalakan.

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

9. Konfigurasi Rover

Setelah GPS receiver rover dinyalakan, lakukan konfigurasi rover melalui software Survey Master sama seperti base. Tutorialnya ada di video dibawah ini: 

10. Mulai Pengukuran GPS RTK-NTRIP

Pastikan rover dan base terhubung. Langkah terakhir adalah mulai melakukan pengambilan data. Proses akuisis cukup cepat, dalam sedetik Anda telah mendapatkan titik koordinat fix.   

Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP

Demikian tutorial Cara Pengukuran GPS Geodetik Metode RTK-NTRIP. Semoga Bermanfaat!