5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS

Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS - Anda sedang mencari spesifikasi (spek) laptop yang cocok dan bagus untuk menjalankan software ArcGIS atau aplikasi (program) GIS lainnya? Jika benar, maka beruntung sekali Anda mampir ke blog saya.

5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS

Mencari laptop berkualitas dengan spek gahar (dewa) tapi budget harganya murah, cukup bingung. Terlebih bagi mahasiswa di jurusan teknik (engineering). Apalagi yang berbau kebumian (geografi,geodesi,geologi), pasti bersentuhan dengan pengolahan data geografis.

List laptop RAM 4G dibawah ini sangat direkomendasikan bagi para surveyor dan mahasiswa. Selain tahan lama, Anda dapat melakukan editing, rendering 3D dan pengolahan untuk data GIS serta data lainnya seperti data LiDAR, data foto drone, data pengukuran survei dsb.

Jangan khawatir perihal price. Harga laptop untuk GIS dibawah ini diantara 3-9 jutaan rupiah. Murah atau mahal, tergantung dari keuangan Anda.

Anda dapat beli laptop-laptop tersebut baik kondisi baru atau bekas di toko jual-beli online Indonesia (Lazada,Tokopedia) atau situs Amazon. Anda juga bisa mencarinya di mall atau toko penjual laptop terdekat. Tinggal pilih metode yang aman dan nyaman bagi Anda.

Baca juga: 8 Laptop Terbaik Pengolah Data Untuk GIS dan LiDAR


5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS


1. Acer Aspire 5


Laptop Acer Aspire 5 menduduki posisi teratas. Performa CPU Intel Core i3-nya yang cepat, bikin laptop harga 4,3 jutaan ($308) ini tidak lemot. Layar display laptop ini berukuran 15.6 inci resolusi Full HD (1920x1080). Sangat bagus untuk penyajian data GIS, terlihat jelas & detail.

Masalah baterai? jangan khawatir. Acer Aspire 5 termasuk laptop dengan baterai tahan lama dan awet (hampir 9 jam). Desain body laptop ini tipis & ringan, sehingga mudah dibawa. Sayangnya, Acer Aspire 5 tidak ada DVD drive, tetapi ports-nya cukup lengkap.

2. Samsung Chromebook 4


Anda mencari laptop pengolah data GIS harga murah? maka Samsung Chromebook 4 jawabannya. Laptop keluaran samsung yang dibanderol seharga 3,2 jutaan ($250) ini bertahan selama 10 jam, sangat cocok saat keperluan rendering data raster yang butuh waktu lama.

Secara fisik, desain laptop bersistem operasi chrome ini terbilang sederhana. Namun, body laptonya solid, sehingga ketahanan laptop Samsung Chromebook 4 sangat kuat. Selain itu, dimensi ukuran layar laptop sebesar 11.6 inci. Cukup baik untuk penyajian data GIS.

3. Dell Inspiron 13 7000


Bagi yang suka bermain game sambil melakukan proses pengolahan data GIS, Dell Inspiron seri i7347 pilihannya. Laptop dengan layar touchpad dan berukuran 13 inci ini memiliki prosesor Intel i3, memang terkesan outdated. Tapi secara keseluruhan, performanya cepat.

Dibanderol seharga 4,6 jutaan ($330), Dell Inspiron 13 7000 memiliki desain body yang slim sehingga mudah dibawa saat survey ke lapangan. Ketahanan baterai laptop mencapai 6 jam. Satu hal yang disayangkan, suara dari speaker laptop ini kurang kurang keras.


4. ASUS VivoBook S15


Sekali pandang, pasti jatuh cinta. Seakan sihir, performa Asus VivoBook S15 super cepat sebab disisipi prosesor Intel Core i5. Jangan takut kalau laptop cepat panas, laptop yang dibanderol harga 9 jutaan ($672) dan fitur fingerprint ini dibekali ice cool (pendingin). 

Resolusi layar 15.6 inci yang Full HD tak jadi masalah bila laptop dinyalakan berjam-jam, sebab durasi baterai bertahan 7 jam. Pengolahan data GIS (data raster) erat kaitannya dengan memori. Jangan khawatir, laptop tipis ini memiliki dual storage SSD 128GB dan HDD 1 tera.

5. Lenovo IdeaPad 330S


Soal performa CPU, Lenovo IdeaPad 330S bisa menjadi pilihan Anda sebagai laptop pengolah data GIS semisal analisis spatial. Warna cemerlang yang ditampilkan dari layar tipis LED-nya cukup memadai utuk penyajian peta atau hasil desain aplikasi grafis.

Laptop yang dibanderol seharga 6,7 jutaan ($477) ini mendukung prosesor Intel Core i5. Selain desain yang tipis dan harga yang kompetitif, Lenovo IdealPad 330S telah terinstal langsung Windows 10 didalamnya. Jadi Anda tak perlu repot mikirin lisensinya. 

Demikian cuap-cuap saya mengenai 5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS. Kurang lebih mohon maaf. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Laptop RAM 4GB Terbaik Pengolah Data GIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel