Tutorial Global Mapper Lengkap Pemula Langsung Bisa

Tutorial Global Mapper Lengkap - Global Mapper adalah aplikasi GIS yang murah (low cost GIS) dengan fitur tak kalah dari ArcGIS (ESRI). Software produksi BlueMarble ini cukup populer di Indonesia dan salah satu software terbaik pengolah data GIS dan LiDAR.

Baca juga8 Software Terbaik Pengolah Data LiDAR GIS

Tutorial Global Mapper Lengkap Pemula Langsung Bisa

Cara penggunaan Global Mapper cukup mudah, software ini didesain selain untuk para ahli (expert) GIS juga untuk kalangan pemula GIS. Beruntung Anda menemukan GIS Infomedia. Karena di postingan blog ini saya akan berikan Tutorial Global Mapper Terlengkap versi Indonesia.

Pembelian Software Global Mapper


Perlu diketahui, software Global Mapper ini tidak lah gratis, melainkan berlisensi.

Baca juga8 Software Berbayar GIS dan Gratis

Bagi Anda yang berminat membeli lisensi software Global Mapper (supaya pemakaiannya legal), dan bingung mau beli dimana dengan bayaran uang rupiah, Anda tak perlu khawatir.

Lisensi software Global Mapper dapat dibeli melalui reseller BlueMarble Indonesia di PT. Geonet Infomedia. Emailkan saja ke Zaenul (sales engineer) zmuttaqin@geonet.co.id

Mohon disertakan website ini sebagai referensi dari mana informasi pembelian software Global Mapper apabila Anda ingin membeli lisensinya

Kenapa demikian?

Supaya Anda bisa mendapatkan modul Global Mapper ini secara gratis.

Ok. Lanjut.

Sebelum kita beranjak ke pembahasan tutorial, saya akan jelaskan sedikit keunggulan pemakaian software Global Mapper ketimbang software GIS berbayar dan gratis lainnya.

Keunggulan Software GIS Global Mapper


Harga software GLOBAL Mapper ini relatif MURAH untuk sebuah software yang bisa melakukan semua hal terkait data GIS, LIDAR, dan foto udara dll.

Spesifikasi laptop yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar sehingga Global Mapper ringan dan cocok sebagai pengolah data GIS (raster dan vektor). Masalah format data, jangan pesimis. Global Mapper mendukung lebih dari 300 format data spasial.

Salah satu keunggulan Global Mapper yang ditonjolkan adalah Pengolahan data LiDAR. Dengan ekstensi LiDAR module, proses olah data point cloud cepat dan mudah. Tools yang tersedia juga memudahkan Anda dalam klasifikasi, pemrosesan dan penyajian data LiDAR.

Tak hanya data LiDAR, data foto drone (UAV) juga dapat diolah dengan software ini hanya dengan sekali KLIK.Hebatnya lagi, Global Mapper telah terintegrasi dengan Mango Map, sehingga Anda dapat mempublish dan sharing data spasial secara online di Mango Map.

Baca juga: 5 Software Terbaik Pengolah Data Drone Gratis

Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat fitur-fitur yang disediakan oleh software Global Mapper di website BlueMarble

Geographic Calculator Global Mapper


Global Mapper memiliki tools yang sangat powerful. Nama tools nya adalah geographic calculator, aplikasi geodetik yang berfokus pada transformasi data seperti raster, vektor, atau dalam bentuk database spatial. 

Geographic calculator dipakai untuk pekerjaan data seismic. Selain hasil transformasi yang akurat, aplikasi geographic calculator sudah support berbagai format data.

Pembelian tools ini terpisah dari lisensi Global Mapper. Untuk lebih jelasnya Anda bisa tanyakan ke zmuttaqin@geonet.co.id (Zaenul).

Tutorial Global Mapper Lengkap Bahasa Indonesia


Tutorial Global Mapper yang saya buat terdiri dari 10 BAB dalam Bahasa Indonesia. 

Pembahasan tutorial mulai dari 
  1. Pengenalan 
  2. Cara digitasi data vektor (shapefile)
  3. Cara digitasi otomatis data raster
  4. Cara pembuatan dan penurunan elevasi data DEM
  5. Cara pembuatan garis kontur
  6. Cara rektifikasi data citra satelit
  7. Cara klasifikasi data LiDAR
  8. Cara mengolah data drone
  9. Cara perhitungan volume cut and fill
  10. Cara delineasi watershed
  11. Simulasi dan analisis banjir 
  12. Pembuatan animasi video untuk monitoring objek secara 3D

Pokoknya cukup lengkap untuk para pemula agar langsung bisa mengoperasikan software pengolah data GIS ini.

Cara mendapatkan Modul Tutorial Global Mapper


Modul Tutorial Global Mapper bahasa Indonesia (pdf) ini dapat diperoleh gratis apabila disertai dengan pembelian lisensi software Global Mapper.

Apakah harga lisensi software Global Mapper mahal?, Bagaimana jenis lisensinya?, Apakah jika ada update terbaru akan bayar lisensi lagi? 

Informasi lebih lanjut hubungi saya melalui e-mail lhakim@geonet.co.id (fast respon di hari kerja).

Dokumentasi Tutorial Global Mapper

PT. Geonet Infomedia menyediakan layanan Training Global Mapper yang mana secara tuntas akan menjawab semua permasalahan geospasial yang Anda alami.

Tentunya dilatih oleh Trainer yang qualified.

Isi materi training pastinya juga lebih lengkap dibandingkan dengan Modul Tutorial Global Mapper bahasa Indonesia (pdf). Sebab ditambah dengan kasus (study case) sesuai request Anda.

Pada Tanggal 9-12 Desember 2019, Tim Divisi Training dari PT. Geonet Infomedia mengadakan Training Global Mapper yang bertempat di PT. Vale Indonesia.Tbk berlokasi di Sorowako, Sulawesi Selatan.

Tutorial Global Mapper Lengkap Pemula Langsung Bisa

Selain itu client yang telah kami training yaitu PT. Petrosea, Tbk di Gresik.

0 Response to "Tutorial Global Mapper Lengkap Pemula Langsung Bisa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel