8 Terminologi GIS yang WAJIB Diketahui

.
10 Terminologi GIS yang WAJIB Diketahui - Halo sobat GIS Infomedia!. Pada postingan kali ini saya akan membahas terminologi GIS yang sekiranya wajib diketahui agar pengetahuan di bidang GIS Anda berstandar internasional (lebay).
Bagi Anda yang masih awam terhadap dunia GIS (Geographic Information System), jangan khawatir. Sebab, lambat laun nantinya Anda akan menemukan terminologi tersebut di dalam pekerjaan Anda yang berkaitan dengan GIS.

Mengenai software GIS yang dipakai, mayoritas ArcGIS menduduki posisi atas. Namun, tak lupa juga bahwasannya software GIS lainnya serta ada yang gratis dan berbayar. Anda dapat membaca apa saja software-software GIS tersebut di blog ini.

Baca8 Software GIS Terbaik Berbayar dan Gratis

Nah, sobat GIS Infomedia, penasarankan apa saja terminologi GIS yang harus dipahami. Simak yuk paparan berikut di bawah ini.

1. Geodatabase


Geodatabase adalah sebuah database (basisdata) yang memiliki baris dan kolom untuk menyimpan semua informasi GIS. Namun, ada yang berbeda sobat. Geodatabase ini memiliki hubungan terhadap informasi data spasial.

Data geodatabase dapat diakses selain menggunakan software GIS (contoh ArcGIS), juga berdasarkan sistem SQL atau Oracle. Geodatabase juga memiliki kemampuan enterprise yang mana semua orang dapat mengedit datanya atau secara personal.

2. Shapefile


Shapefile adalah format standar yang digunakan pada sistem GIS. Shapefile befungsi menyimpan lokasi geometris dan atribut fitur. Data shapefile berbentuk vektor dengan 3 tipe yaitu titik, garis, dan area (poligon).

Shapefile juga berisi informasi atribut berupa tabel yang mana dapat digabungkan dan atau disimpan di database yang Anda punya. Tidak seperti data raster, batasan ukuran memori untuk data shapefile adalah 2GB.

3. Layout


Bagi para ahli GIS, istilah layout bukan hanya peta (map) saja melainkan berisi informasi spasial beserta elemen lainnya seperti legenda, judul, arah utara, skala bar yang nantinya akan disajikan secara digital atau dicetak (print).

Anda yang bekerja di bidang kartografi harus tahu betul bagaimana mendesain sebuah layout peta supaya informasi yang ada pada peta dapat tersampaikan oleh pembaca peta dengan tepat dan mudah tanpa ada interpretasi ganda.

4. GIS Services


Dengan adanya services, Anda bisa membagi data GIS Anda secara publik atau personal melalui pembuatan koneksi ke geodatabase Anda. Kemudian melakukan publish data tersebut sehingga informasi yang ada dapat dilihat secara online (wow amazing).

Hebatnya, jika seseorang melakukan pembaruan data di database, maka secara otomatis Anda dapat melihat perubahannya. Ada banyak sekali jenis services pada GIS, salah satunya adalah image services.

5. ArcGIS Online


Mungkin yang suka bergelut di bidang WebGIS atau aplikasi berbasis GIS, ArcGIS Online (Agol) sudah paham, baik secara fungsi dan kegunaannya.

Apa itu ArcGIS Online?

ArcGIS Online adalah platform kepunyaan ESRI dimana Anda bisa membuat, menyimpan, menganalisis, memodifikasi, mempublikasian dan membagikan data GIS berupa peta, layer spasial (raster & vektor) ke khalayak atau group tertentu yang dapat diakses secara online.

6. ArcGIS Enterprise


ArcGIS Enterprise adalah sebuah server yang menyediakan akses untuk produk ESRI lainnya agar saling terintegrasi satu sama lain sehingga dapat memperkuat dalam pengolahan mapping baik dari segi analisis, visualisasi dan manajemen data.

ArcGIS Enterprise tidak berdiri sendiri, melainkan terdiri dari 4 komponen yaitu ArcGIS Server, ArcGIS Portal, ArcGIS Data Store, ArcGIS Web Adaptor. Masing-masing komponen memiliki peran agar tercipta fungsionalitas pemetaan berbasis web.

7. Geoprocessing


Geoprocessing merupakan sekumpulan tools pada ArcGIS untuk memproses, menganalisa, dan manajemen data GIS. Anda harus tau terminologi GIS ini sebab sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.

Contoh dari tools Geoprocessing yang sering digunakan dalam aplikasi berkaitan dengan GIS yaitu buffer, clip, merge, intersect, dll. Sebagian dari Anda mungkin kurang familiar dengan tools tersebut namun, tak akan rugi jika dipelajari.

8. ArcGIS Collector


ArcGIS Collector adalah aplikasi khusus mobile keluaran ESRI yang khusus untuk mengambil atau mengumpulkan data spasial di lapangan langsung. Data perolehan hasil survey bisa langsung terkoneksi dengan ArcGIS enterprise agar bisa dilihat hasilnya.

Aplikasi ini banyak diimplementasikan pada bidang yang berkaitan dengan pekerjaan inventaris, monitoring, dan asesmen. 

Mungkin hanya itu saja terminologi atau pengertian GIS yang wajib diketahui untuk Anda, Jikalau ingin mengetahui lebih lanjut terminologi GIS, bisa Anda cari "ESRI Dictionary". Semoga bermanfaat!

0 Response to "8 Terminologi GIS yang WAJIB Diketahui "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel