8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik

.
8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik - Citra satelit adalah produk awal berbentuk raster dari teknologi pemetaan penginderaan jauh (remote sensing). Beberapa pilihan software (aplikasi) pengolahannya pun bermunculan, ada yang gratis (open source) atau berbayar (komersil).

8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik

Perlu diketahui bahwa pada proses/tahapan pengolahan citra satelit membutuhkan sebuah software yang ampuh untuk mengolah data citra digital tersebut. Namun, software ampuh tersebut rata-rata bersifat komersial dan terbilang cukup mahal bila dibeli. Solusi terbaiknya adalah menggunakan software gratisan.

Tidak perlu risau perihal kelengkapan fitur dan output yang dihasilkan. Tiap-tiap jenis software remote sensing (gratis atau berbayar) memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Oh ya, jika dari teman-teman ingin membeli data citra satelit, silahkan baca Panduan cara beli citra satelit resolusi tinggi. Ok deh, kalau begitu berikut 8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik ini wajib Anda coba sebagai jalan alternatif.

1. ILWIS


Sejak 2007 ILWIS tersedia sebagai software gratis pengolah citra satelit. ILWIS pada dasarnya digunakan untuk kalangan para peneliti dan pelajar. Oleh sebab itu, perangkat lunak yang dikembangkan dari Belanda ini berfokus di segi operasi penggunaan agar mudah dipahami.

ILWIS memiliki keunggulan di fitur pemodelan 3D foto udara (fotogrametri). Jika Anda memiliki data citra satelit, ILWIS dapat mengklasifikasikan penutup lahannya. Selain itu, penggabungan (mosaic), georeferensi, dan import/export berbagai format data juga bisa dilakukan. 

2. Sentinel Toolbox


Pada dasarnya Sentinel Toolbox adalah software gratis pengolah data citra SAR. Seiring berjalannya waktu, ESA yang merupakan organisasi antariksa asal Amerika Serikat ini, mengembangkan Sentinel Toolbox lebih dalam mengenai jenis olahan data yang digunakan.

Terdapat 3 jenis aplikasi sentinel toolbox hasil pengembangan, yaitu Sentinel 1-3. Masing-masing jenis memiliki fungsi spesialisasi yang berbeda. Contohnya Sentinel-2 difokuskan untuk mengolah data citra satelit (visualisasi dan analisis). Selain itu terdapat software ESA bernama SNAP yang fokus untuk pengolahan citra radar.

3. Whitebox GAT


Whitebox GAT dikembangkan oleh GNU sebagai software GIS & Remote Sensing berlisensi publik yang menggantikan software TAS (Terrain Analysis System) pada tahun 2009. Tujuan dari pengembangan software ini untuk mendukung kegiatan di bidang edukasi dan penelitian.

Software Whitebox GAT dilengkapi dengan 410 fitur analisis dan visualisasi data geopasial (raster dan vektor). Selain itu juga terdapat fitur pengolahan data hidrologi (flow direction, flow accumulatio, dan ekstraksi watershed) serta LiDAR (interpolasi dan penghilang noise).

4. InterImage


InterImage adalah software gratis pengolah data citra satelit yang fokus pada interprestasi citra secara otomatis. InterImage dikembangkan oleh PUC-Rio, salah satu universitas di negara Brazil. Interimage memakai metode analisis objek sebagai dasar penentuan klasifikasi.

Beberapa fungsionalitas unggulan seperti ektraksi objek, kalkulasi spektral, pemodelan, dan visualisasi citra tercakup pada software ini. Nah, Bagi Anda yang ingin hasil interpretasi citranya akurat serta otomatis, software InterImage bisa dihandalkan, mumpung gratis.

5. E-Foto


Mahasiswa geodesi/gografi yang ingin memperdalam bidang fotogrametri, Anda dapat memanfaatkan software gratis E-Foto. Software ini dikembangkan di laboratorium fotogrametri Universitas Rio de Janeiro, Brazil. 

E-Foto dilengkapi tools yang lengkap untuk pengolahan dan analisis foto udara seperti pembentukkan 3D foto model stereo, orthorektifikasi, penentuan orientasi foto, ekstraksi DEM, dan integrasi ke QGIS (software GIS gratis terbaik saat ini). Terdapat juga sample data yang dapat didownload di website mereka.

Baca juga: 8 Software GIS Terbaik Berbayar dan Gratis

6. Orfeo ToolBox


Orfeo ToolBox adalah software gratis remote sensing buatan komunitas geospasial yang berasal dari Perancis. Orfeo ToolBox mampu melakukan proses data citra multispektral beresolusi tinggi dan citra radar. 

Selain itu software ini bisa melakukan penajaman (pansharpening), orthorektifikasi, dan klasifikasi citra serta memproses data SAR. Namun, Orfeo ToolBox tidak disarankan bagi pemula, sebab penggunaannya cukup rumit. Pengoperasiannya pun juga menggunakan bahasa Phyton dan C++. 

7. OSSIM


Software yang telah dikembangkan sejak tahun 1996 yang dilengkapi kompabilitas terhadap berbagai macam format data vektor, raster dan berbagai macam proyeksi menjadikan software OSSIM sebagai software terbaik gratis pengolah data citra satelit.

Fitur unggulan OSSIM terkait pengolahan data citra satelit antara lain operasi histogram untuk penajaman warna citra satelit, orthorektifikasi yang teliti sebagai koreksi dari kesalahan pergeseran (relief) dan fitur penggabungan citra (mosaicking).

8. SAGA GIS


SAGA GIS bisa dibilang paket kumplit dari software gratisan (opensource) yang setingkat dengan software pengolahan data citra satelit berbayar terbaik. Software SAGA GIS dikembangkan oleh ilmuan Geografi dari Jerman pada tahun 2004.

Kini SAGA GIS memiliki segudang fitur yang berperan dalam pekerjaan berkaitan dengan data spasial khususnya data raster (citra satelit). 

Seperti fitur klasifikasi citra satelit (supervised dan unsupervised), analisis & visualisasi 3D permukaan bumi,analisis hidrologi (perhitungan sedimentasi USLE, penentuan arah aliran sungai) serta kemudahan pada import (menampilkan) data citra Landsat 8 serta Sentinel 2.

Sekian dari artikel 8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik. Semoga bermanfaat bagi Anda :)

0 Response to "8 Software Pengolah Data Citra Satelit Gratis Terbaik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel