10 Fakta Mengejutkan Tik Tok Yang WAJIB Kamu Ketahui

10 Fakta Mengejutkan Tik Tok Yang WAJIB Kamu Ketahui - Persebaran penggunaan Tik Tok sangat fantastis. Dalam sekejap, pengguna Tik Tok sudah digandrungi masyarakat Indonesia termasuk ukhti-ukhti. Namun, Apakah Anda tahu fakta dibalik eksistensi aplikasi tersebut?

10 Fakta Mengejutkan Tik Tok Yang WAJIB Kamu Ketahui

Sebenarnya, apa itu Tik Tok?

Tik Tok adalah platform yang menyediakan pembuatan video berdurasi pendek.

Video apa saja?

Video orang menari (dancing), menyanyi (singing), lipsync, komedi, tutorial, dan hal-hal dari yang berbau kreativitas hingga hal-hal aneh serta misterius. Semuanya ada di Tik Tok.

Dalam waktu singkat, Tik Tok telah memperoleh popularitas yang cetar membahana secara global. Di Indonesia, Tik Tok disebut-sebut sebagai aplikasi sosial media nomor sekian setelah whatshapp, namun posisinya sedang trending dan hype abis. Pokoknya Tik Tok is Everywhere

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Aplikasi Tik Tok Populer


Lantas, fakta mengejutkan apa dari Tik Tok yang belum orang ketahui termasuk kamu? iya kamu, masa dia yang telah meninggalkan dirimu tanpa sebab dan akibat. Tanpa basa basi, simak paparan berikut di bawah ini.


1. Tik Tok Berasal dari Cina


Aplikasi Tik Tok berasal dari negara tirai bambu, Cina. Berbeda dengan aplikasi sosial media besar lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube yang notabennya berasal dari Amerika Serikat (USA).

Tik Tok awalnya sebuah project bernama Douyin yang dikembangkan oleh perusahaan Bytedance. Orang-orang di China masih memanggilnya Douyin ketimbang Tik Tok. Dinamakan Tik Tok disebabkan dari suara seperti jam dinding ketika hitungan mundur video akan dimulai.

Kehadiran Tik Tok pun di berbagai negara tidak semulus yang dikira. Aplikasi Tik Tok pernah dilarang (ban) di India, namun beberapa bulan kemudian dibuka kembali. Nah, Apakah Tik Tok akan dilarang di Indonesia? Jawabnya belum pasti.


2. Tik Tok 1,5 Milyar Kali Didownload


Berapa kali jumlah Tik Tok didownload?. Tercatat di tahun 2019, akumulasi sebesar 1,5 milyar kali Tik Tok telah terinstal dari App Store dan Google Play. Angka tersebut sangatlah fantastis mengingat Tik Tok baru diluncurkan tahun 2016 yang berarti usianya kurang dari 4 tahun.

Jika dibandingkan dengan Facebook tahun 2004, angka 1,5 milyar unduhan belum bisa didapatkan. Memang perkembangan teknologi dan akses internet bukan kebutuhan primer di kala tersebut, namun pencapaian yang diperoleh oleh Tik Tok cukup mengesankan.

3. Pengguna Aktif Tik Tok Capai 800 Juta 


Menurut statistik dari berbagai sumber, angka pengguna (user) aktif Tik Tok mencapai 800 juta orang. Sekitar 60% nya berasal dari Cina, yang berarti 300 juta lebih pengguna aktif berasal di luar Cina termasuk di Indonesia.

Tahukah kamu??  Tik Tok menduduki posisi ke-6 sebagai aplikasi smartphone dengan jumlah pengguna aktif terbanyak per bulan. Walaupun masih jauh dari Whatsapp, Facebook, dan Instagram, aplikasi joget ini sudah melampaui yang lain contohnya PUBG dan COC.

4. Waktu Penggunaan Tik Tok 52 Menit 


Berapa lama kamu menghabiskan waktu saat buka Tik Tok?. Hasil penelitian dari para ahli statistik menyebutkan bahwa rata-rata penggunaan Tik Tok dalam kurun sehari mencapai 52 menit. Hal ini menunjukkan bawha Tik Tok bersifat adiktif dan terbukti sukes.

Hampir 68% para users menggunakan Tik Tok untuk melihat video-video pendek milik orang lain. Selanjutnya diikuti dengan aktivitas seperti memberikan like, comment, follow serta duet. Mungkin diantara kamu juga sering melakukan hal demikian (hayo ngaku).

5. Tik Tok Viral dari Facebook


Usut punya usut, viralnya wabah Tik Tok sampai ke seluruh dunia berawal dari banyaknya cuplikan video Tik Tok yang diupload di Facebook loh sobat. Hal ini disebabkan di setiap video Tik Tok ada watermark bertuliskan "Tik Tok". Warga pengguna facebook perlahan mulai kepo dan coba mengunduhnya. Jadi, secara tak langsung facebook ikut andil mempromosikan Tik Tok.

6. Tik Tok Fokus Generasi Millenial


Tik Tok sukses menghipnotis para kaum remaja millenial bucin tingkat akut untuk selalu menggunakan aplikasinya. Tak heran, 41% demografi pengguna Tik Tok yang berusia 16-24 tahun telah jatuh hati kepadanya. Saya yakin, usia kamu yang sedang baca artikel ini masuk ke dalam range tersebut.

Pencipta Tik Tok awalnya fokus menargetkan remaja berusia 18 tahunan. Mereka juga memahami bagaimana pola perilaku serta kebiasaan para remaja dunia. Contohnya seperti menunjukkan bakat, ekspresi, dan hal-hal yang bersifat kekinian. Hingga akhirnya, terciptalah Tik Tok.

7. Musical.ly Dibeli Tik Tok


Pernah mendengar aplikasi Musical.ly? Aplikasi karaoke remaja milik Amerika yang dulunya serupa dengan aplikasi TikTok. Musical.ly awalnya berdiri sendiri sebelum dibeli seharga 1 juta US Dollar oleh ByteDance, selaku perusahaan pengembang Tik Tok pada tahun 2018. Kala tersebut, jumlah pengguna aplikasi Musical.ly mencapai 100 juta. 

Pembelian Musical.ly sebenarnya merupakan strategi Tik Tok untuk menembus pasar Amerika Serikat. Pasalnya, aplikasi Tik Tok sempat dilarang oleh pihak US untuk beredar. Namun setelah terjadinya penggabungan, akhirnya Tik Tok berhasil melebarkan kiprahnya.

8. Zhang Yiming Enggan Pakai Tik Tok


Zhang Yiming, pria kelulusan Universitas Nankai ini adalah pencipta sekaligus pemulik aplikasi Tik Tok. Ia adalah salah satu orang terkaya di Cina. Sebagai pemimpin dari perusahaan start-up dengan harga termahal yakni USD 75 Miliar, faktanya Zhang Yiming menolak dan enggan menggunakan aplikasi Tik Tok.

Zhang Yiming menuturkan bahwa aplikasi Tik Tok diperuntukkan untuk remaja bukan kalangan tua seperti emak-emak julid metal. Seiring waktu berjalan, pria yang sempat bekerja di Microsoft tersebut akhirnya mau menggunakan Tik Tok bahkan ketagihan.

9. Tik Tok Diunduh Terbanyak di India


Pada tahun 2019, jumlah pengunduh Tik Tok mengalami peningkatan. Mayoritas pengunduh berasal dari Asia dan India. Sebesar 45% total unduhan (277 juta) pada tahun 2019 berasal dari Negara India. Kemudian disusul oleh Cina, dan Amerika.

Hal ini menjadikan India sebagai negara pengunduh Tik Tok terbanyak dengan Total 467 Juta unduhan atau sepertiga dari Total download (unduhan). Tak heran Tik Tok pernah dilarang atau diblokir di India, sebab banyak kasus kecelakaan, kejahatan, dan kriminal lainnya yang melibatkan Tik Tok. Sampai-sampai Tik Tok pun mengalami kerugian 500 Juta USD.

10. 1 Milyar Video Tik Tok Ditonton Setiap Hari


Berapa jumlah semua video Tik Tok? Jawabannya diatas triliunan video. Melansir dari InfluencerMarketinghub tahun 2019, bahwa jumlah video Tik Tok yang ditonton oleh penggunanya yakni 1 Milyar video. Angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan perkembangan popularitas Tik Tok yang kini sedang meroket.

Kesimpulan


Faktanya bahwa Tik Tok masih menjadi primadona bagi anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia sebagai aplikasi media sosial untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka. Berdasarkan fakta-fakta diatas, Tik Tok kini bersaing dengan platform media sosial lainnya di dunia market untuk menjadi aplikasi nomor satu di dunia. 

Semoga artikel 10 Fakta Mengejutkan Tik Tok Yang WAJIB Kamu Ketahui bermanfaat bagi kamu ya gengs.

0 Response to "10 Fakta Mengejutkan Tik Tok Yang WAJIB Kamu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel