Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Agar Banyak Followers

Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok - Salah satu faktor video Tik Tok banyak ditonton adalah kapan video Tik Tok itu diposting. Lantas, bagaimana cara pemiihan waktu (jam) upload video Tik Tok yang bagus? Apakah pada pagi?, siang?, atau malam hari?

Cara Pilih Waktu Ideal Posting Video Tik Tok Agar Banyak Followers

Pada postingan kali ini saya akan beberkan tips dan trik cara mengetahui waktu terbaik untuk memposting video Tik Tok. Sebab, kunci viralnya suatu video dari berbagai platform media sosial adalah memiliki konten yang tepat, di waktu yang tepat, dan ditonton oleh orang-orang yang tepat.

Memposting video Tik Tok di waktu yang optimal akan memaksimalkan efek visibilitas video Anda. Artinya apa? Video Tik Tok Anda akan ditonton dari berbagai kalangan audience (penonton) sehingga probabilitas peningkatan jumlah fans/followers baru sangat tinggi.

Berapa kali jumlah video Tik Tok yang harus diposting dalam sehari?


Berdasarkan pengamatan saya di berbagai akun top artis Tik Tok terkenal, bahwasannya jumlah ideal postingan Tik Tok untuk meningkatkan popularitas adalah 2-5 kali dalam sehari. Postingan video Tik Tok harus berkualitas, bertema (niche), dan tidak random.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Tik Tok Popular 

Cara Pilih Waktu Ideal Posting Video Tik Tok Agar Banyak Followers

Oleh sebab itu, buatlah konten video Tik Tok yang singkat, menghibur, unik, dan bikin orang penasaran sehingga terjadi interaksi (engagement) antara video Anda dengan penonton (audience) seperti like, komen, share dan pemutaran ulang video.

Dengan memposting rutin video Tik Tok setiap hari, besar kemungkinan salah satu postingan video Tik Tok Anda akan viral dan direkomendasikan masuk FYP (for your page). Berbicara FYP di TikTok, maksudnya ialah ketika orang buka aplikasi Tik Tok, video kita bakal muncul di halaman pertama (teratas). FYP ini serupa dengan explorenya instagram lah.

Jika demikian, Anda butuh manajemen dan strategi bagaimana cara memaksimalkan potensi FYP tersebut untuk memperoleh fans (penggemar) dan follower (pengikut) Tik Tok sebanyak-banyaknya serta merauk keuntungan bisnis di Tik Tok yang gurih.

Baca jugaCara memperoleh uang banyak dari aplikasi Tik Tok

Faktor pemilihan waktu kapan video Tik Tok diposting


Pemilihan waktu terbaik memposting video Tik Tok bergantung pada lokasi tinggal dan jam bangun tidur penonton. Kenapa harus diperhitungkan?. Mari saya jelaskan satu per satu.

Lokasi Penonton Video Tik Tok


Tik Tok sama halnya seperti media sosial lain yang berbasis global, dimana keberadaan usernya tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Jika video Tik Tok Anda ditonton oleh orang luar, maka informasi lokasi audience penting adanya. Hal ini berdampak pada intensitas video Tik Tok yang akan Anda buat dan kapan video Tik Tok Anda harus diedit dan diposting.


Perlu diketahui bahwa zona waktu menentukan banyak-sedikitnya jumlah penonton video Tik Tok Anda. Mengingat sebagian kelompok penonton memiliki zona waktu yang berbeda.

Maka daripada itu, hal yang harus dilakukan adalah menelusuri analytics akun Tik Tok Anda. Pastikan terlebih dahulu ubah akun Tik Tok Anda menjadi Tik Tok Pro. Akun Tik Tok pro ini tidak berbayar alias gratis.

Cara mengubah akun Tik Tok biasa menjadi akun Tik Tok pro cukup mudah yaitu dengan mengklik profile akun Tik Tok Anda. Lebih jelasnya, Anda dapat menonton video bagaimana cara memunculkan fitur analytics di Tik Tok di Youtube di bawah ini.


Setelah fitur analytics Tik Tok pro Anda telah aktif, Anda dapat melihat data statistik yang dibutuhkan untuk kebutuhan analisis pemilihan waktu postingan video Tik Tok seperti grafik jumlah views, jumlah followers, demografi penonton, serta daftar negara penonton (audience).

Jam Bangun Tidur Penonton Video Tik Tok


Setelah mengetahui lokasi asal para penonton video Tik Tok Anda. Langkah berikutnya adalah mengetahui jam berapa para penonton atau fans Tik Tok Anda terbangun dari tidur mereka. Untuk mengetahui jam bangun tidur fans Tik Tok Anda, pahami dulu zona waktu mereka tinggal.

Ada tips dan trik cara mengatasi penonton Tik Tok yang berasal dari zona waktu yang beda. Jika penonton video Tik Tok Anda berasal dari Indonesia dan negara asia tenggara, Anda tidak akan kesulitan mengatur jadwal posting konten Tik Tok.

Pokok permasalahan utama disini adalah apabila mayoritas penonton video Tik Tok Anda berada di dua zona waktu yang terbalik, contoh: Indonesia dan Amerika Serikat (USA). Pastinya Anda harus memposting setidaknya 2 kali dalam sehari.

Sayangnya, Tik Tok tidak memiliki fitur opsi pengaturan jadwal waktu posting. Jadi, Anda harus bangun tengah malam sekedar untuk memposting video Tik Tok Anda bagi warga Internasional. Sebab pada jam itulah mereka bangun dan melakukan aktivitas seperti membuka aplikasi Tik Tok.

Lantas, bagaimana solusinya?

Anda cukup mengelompokkan negara mana saja yang mencakup mayoritas followers akun Tik Tok Anda berasal. Selanjutnya tinggal Anda atur jadwal postingan video Tik Tok sesuai jam followers Tik Tok Anda bangun tidur dan mulai aktif membuka aplikasi Tik Tok (bisa dilihat di analitik Tik Tok).

Hari terbaik dan waktu yang tepat posting video Tik Tok 


Anda sudah mengetahui kedua faktor dalam penentuan waktu terbaik memposting video Tik Tok beserta data pendukung statistikya. Sekarang tinggal Anda menentukkan hari terbaik posting video Tik Tok.

Cara Pilih Waktu Ideal Posting Video Tik Tok Agar Banyak Followers

Berdasarkan riset para ahli marketer bahwasannya pengguna media sosial aktif di siang hari saat istirahat dari aktivitas mereka dan malam hari sebelum menjelang tidur. Adapun jam-jam terbaik posting video Tik Tok biar banyak fans/follower dan berpotensi masuk fyp Tik Tok adalah pukul 12.00 siang dan pukul 8 (20.00) hingga 9 (21.00) malam.

Berikut penjelasan detil mengenai waktu terbaik posting video Tik Tok.


Hari Senin

Hari senin adalah hari bisnis dan penuh kesibukan orang bekerja. Jika Anda memposting video Tik Tok di hari Senin, alangkah baiknya saat waktu istirahat kerja di siang hari pukul 12.00 hingga 13.00. Tidak direkomendasikan untuk memposting Video Tik Tok di pagi hari.

Hari Selasa

Hari selasa adalah hari terburuk dalam seminggu untuk memposting video Tik Tok. Alasannya adalah para pekerja dan anak sekolahan mendapatkan tugas di hari sebelumnya (senin) yang membuat fokus mereka untuk tidak membuka aplikasi Tik Tok.

Saran saya jika Anda ingin tetap memposting di hari selasa, postinglah pada jam 3 (15.00) atau 4 (16.00) sore. Sebab, pada waktu tersebut mereka yang lelah akan aktivitas atau tugasnya. Lalu membuka Tik Tok untuk sekedar menghibur diri sambil menunggu waktunya pulang.

Hari Rabu

Dibanding hari selasa, rabu adalah hari yang lebih baik. Postinglah video Tik Tok pada jam 11.00 pagi. 

Kenapa demikian?

Kesibukan orang mulai berkurang dan cenderung gabut. Alhasil, mereka menghibur diri dengan cara membuka aplikasi sosmed termasuk Tik Tok sambil menunggu waktu istirahat. Jangan lupa juga untuk memposting video Tik Tok pada malam hari sekitar jam 9 malam.

Hari Kamis

Hari Kamis mungkin menjadi hari tersantai sebelum bertemu hari jumat sebagai hari terakhir kerja dalam sepekan bagi mereka yang bekerja 5 hari. Namun demikian, rekomendasi jam terbaik memposting video Tik Tok di hari kamis adalah jam 12.00 - 13.00 siang. 

Anda juga bisa memposting video Tik Tok Anda menjelang sore hari jam 3 (15.00). Pada jam tersebut kemungkinan mereka akan mengecek hp untuk menghabiskan waktu sebelum pulang ke rumah. Selanjutnya posting pada malam hari mulai dari jam 8 (20.00) hingga jam 11 (23.00).

Hari Jumat

Bisa dibilang hari Jumat adalah waktu yang pas posting video Tik Tok di pagi hari. Alasannya selain waktu aktivitas pagi yang singkat (terpotong sholat jumat), para pekerja maupun anak sekolah juga tidak fokus terhadap pekerjaan mereka. Pinginnya pulang terus liburan wkwk.

Rekomendasi waktu terbaik waktu posting video Tik Tok di hari Jumat adalah mulai jam 11.00 hingga jam 13.00 siang. Setelah itu Anda coba posting pada malam hari mulai dari jam 7 (19.00) hingga jam 11 (23.00) malam.

Hari Sabtu

Hari Sabtu adalah hari libur bagi sebagian orang di Indonesia. Anda bisa memposting video Tik Tok pada jam 09.00 pagi dan dilanjutkan pada jam 12.00 siang. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan konten Tik Tok untuk hari esok. Sebab hari sabtu rata-rata orang sibuk ke mall dan pacaran.

Hari Minggu

Anda bisa mencuri start untuk memposting video Tik Tok pada jam 07.00 pagi jika niat ingin terkenal. Siapkanlah konten video Tik Tok terbaik Anda untuk diupload. Saran saya jumlah postingan video Tik Tok pada hari libur adalah 3-5 kali.

Tidak ada aturan jam perihal kapan posting video Tik Tok pada hari minggu. Sebab, intensitas masyarakat berada di depan layar HP meningkat hingga 3x lipat. Namun, usahakan anda memposting video Tik Tok tetap terjadwal.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui, menjadi terkenal dan sukses sebagai konten creator di Tik Tok butuh berbagai pendekatan analisis. Mulai dari pemahaman dimana para penonton dan fans Tik Tok anda berasal sampai pada jam berapa mereka terbangun dari tidur.

Semua hal tersebut semata-semata untuk memperoleh fans/followers Tik Tok yang setia membantu perkembangan channel Tik Tok Anda. Sebab viralnya postingan sebuah video Tik Tok berasal dari hasil share para fans ke masyarakat luas.

Melalui pemilihan waktu terbaik posting video Tik Tok akan menuju Anda ke jenjang level yang berbeda. Saran saya jika Anda ingin dilirik oleh penonton yang lebih luas, buatlah konten Tik Tok yang unik namun dapat diterima oleh semua kalangan.

Demikian postingan Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Supaya Banyak Fans. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Agar Banyak Followers"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel