8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut Disubscribe

.
8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut Disubscribe - Anda bingung bagaimana cara belajar GIS yang tepat dan cepat sehingga bisa mahir? Tak perlu khawatir sobat GIS. Pengetahuan itu tidak harus melalui tulisan, coba Anda tengok ke media lain, semisal Youtube.

Sudah tahu kan Youtube itu apa?. Bagi yang awam, Youtube adalah situs media sosial yang berisi video-video. Apa saja video di Youtube? Jawabannya berbagai macam, termasuk juga GIS. Di situs Youtube, kamu bisa mencari video mengenai topik apa saja.

Ada banyak sekali video-video di Youtube yang jumlahnya seperti jumlah manusia di bumi ini. Oleh sebab itu, kamu diharuskan untuk mengetikkan kata kunci (keyword) yang ingin dicari. Semisal "Tutorial GIS" atau "Cara membuat peta di ArcGIS"

8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut Disubscribe

Lantas, siapakah yang membuat video di Youtube? Jawabannya para creator atau disebut Youtubers. Setiap youtuber pastinya punya Channel Youtube sebagai akun untuk menyimpan video-video yang telah diupload. Anda bisa berlangganan (subscribe) secara GRATIS supaya tidak ketinggalan video terbaru sang creator.

Pada postingan ini, saya akan merekomendasikan daftar channel youtube terbaik tentang GIS yang patut Anda subscribe. Ini bukan PROMOSI ya, tapi murni penilaian saya. Mulai dari sisi konten, keaktifan sang youtuber, usia channel, hingga popularitas yang dimiliki.

Baiklah, tanpa perlu basa basi walaupun sudah expired, langsung saja simak paparan 8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut di Subscribe berikut dibawah ini.

1. Lapak GIS 


Channel youtube LapakGIS menurut saya adalah channel youtube terbaik mengenai GIS teruntuk bagi Anda yang ingin belajar GIS dari nol hingga paham. Channel youtube ini dibuat pada 20 Agustus 2018 oleh seorang admin yang tidak diketahui identitasnya.

Walaupun usia channel ini terbilang baru, namun konten dari channel youtube Lapak GIS cukup untuk menjawab seputar permasalahan GIS yang Anda miliki. Video terpopuler dari channel LapakGIS yaitu mengenai pembuatan kemiringan lereng (slope) dari garis kontur.

Channel LapakGIS memiliki sebuah webiste bernama Lapakgis.comAnda bisa menemukan berbagai macam artikel mengenai GIS di situs tersebut. Anda pun juga bisa bertanya-tanya tentang GIS kepada sang admin yang kalau saya tebak pasti seorang sarjana geografi (hehe).

2. Indra Dwinata


Sebenarnya banyak pembahasan mengenai tutorial QGIS yang merupakan software gratis GIS terbaik di platform Youtube. Namun, channel Youtube Indra Dwinata menurut saya adalah channel start-up youtube terbaik yang membahas QGIS berbahasa indonesia.

Profil sang creator ternyata adalah seorang dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Kok bisa ya beliau membuat sebuah video mengenai QGIS yang notabennya bukan seseorang berlatar belakang IT atau Geoscience.

Usut punya usut, ternyata pemilik channel Youtube yang dibuat pada 12 September 2013 ini mengampu mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) kesmas. Dari sisi konten channel Youtubenya, sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar QGIS sebab video terpopulernya yaitu tentang pengenalan QGIS dasar.

3. Nasrullah Siddik


Ingin belajar WebGIS di Youtube? Coba tengok Channel Nasrullah Siddik. Channel tersebut adalah channel rekomendasi terbaik bagi Anda para penikmat GIS programming. Saya pun juga telah menonton channel pria lulusan Teknik Informatika Uniska Banjarmasin tersebut ketika saya ingin belajar WebGIS.

Channel yang dibuat pada 12 Desember 2012 ini membahas konten WebGIS dari A sampai Z seperti Tutorial WebGIS PHP, WebGIS Codeigniter, LeafletJS dan beberapa codingan terkait GIS. Video terpopuler dari channel ini yaitu terkait pembuatan WebGIS dengan Leaflet dan GeoJSON.

4. Bagus GIS


Channel youtube yang membahas GIS dengan paket komplit. Channel ini dibuat pada 31 Oktober 2013 dengan konten video GISnya yang mencakup tutorial cara pemakaian ArcMap, QGIS. Kemudian juga terdapat beberapa tutorial pembuatan WebGIS dengan Leaflet serta tutorial Agisoft.

Bagus GIS menurut saya adalah channel yang aktif memposting video terkait GIS sehingga sangat worth sekali jika Anda subscribe channel tersebut. Hitung-hitung sebagai motivasi bagi sang creator untuk selalu tetap eksis dalam mengupload konten GIS yang berguna bagi perkembangan pengetahuan GIS kita. 

5. Blue Marble Geographics


Bingung cari referensi tutorial peggunaan software Global Mapper di Youtube?. Anda bisa cek di channel Youtube Blue Marble Geographics. Channel tersebut dibuat oleh perusahaan yang memang mengembangkan software Global Mapper.

Konten terkait tutorial Global Mapper pada channel yang dibuat pada 16 Maret 2012 ini sudah sangat cukup mendukung Anda agar mampu mempelajari tools yang ada di Global Mapper. Selain itu terdapat video mengenai informasi update software Global Mapper baik dari segi fitur dan fungsinya serta video webinar.

Jika ingin benar-benar mahir Global Mapper, Anda bisa langsung ke website BlueMarble, cari di bagian Tutorial. Namun, jika ingin memperoleh pembahasan Tutorial Global Mapper versi Bahasa Indonesia dapat Anda baca Tutorial Global Mapper Lengkap Pemula Langsung Bisa

6. Open Source Options


Open Source Options adalah channel yang khusus membahas bahasa Phyton untuk GIS dengan software penggunaannya adalah QGIS. Channel yang dibuat 12 Oktober 2011 ini masih cukup aktif dalam memproduksi video di Youtube mengenai GIS khususnya phyton for GIS. 

Konten video yang disuguhkan pada channel ini meliputi berbagai fungsionalitas bahasa phyton terhadap data-data spasial. Salah satu video populer di channel Youtube Open Source Options adalah pembelajaran pulgin phyton pada QGIS yang dibahas secara mendasar.

7. GRASS GIS Tutorials 


Apakah Anda sedang butuh tutorial software GRASS GIS yang lengkap?. Nah, pada channel Youtube GRASS GIS Tutorials tersedia panduan penggunaan GRASS GIS mulai dari instalasi hingga penyajian data di software GIS tanpa bayar tersebut.

Channel GRASS GISS Tutorials dibuat pada 18 Januari 2013. Namun, sang creator sepertinya sudah tak aktif mengupload video terbaru mengenai software GRASS GISS.

8. GEO 2004


Channel Youtube terakhir mengenai GIS yang wajib anda subscribe adalah GEO 2004. Channel ini menurut saya adalah channel Youtube terbaik diantara semua list di atas. Konten yang disediakan variatif dan pastinya membahas lengkap terkait GIS.

Dibuat pada 19 Desember 2015, GEO 2004 telah memiliki lebih dari 130 video yang pastinya tentang seputar GIS. Channel Youtube GEO 2004 juga masih aktif dalam memposting video terbarunya. Video terpopuler nya membahas perihal konversi data KML/KMZ ke format shapefile (SHP) di QGIS.

Bagaimana sobat GIS, apakah Anda sudah menemukan channel Youtube yang tepat untuk menyelesaikan pokok permasalahan GIS Anda?. Anda pun juga bisa membuat channel Youtube mengenai tema apapun yang disukai terlebih di bidang GIS.

Semoga artikel 8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut Disubscribe dapat bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "8 Channel Youtube Terbaik Tentang GIS yang Patut Disubscribe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel