Cara Meningkatkan Performa Live Streaming di Youtube Agar Banyak Subscriber

Cara meningkatkan performa live streaming di Youtube agar banyak subscriber - Ingin sukses agar jadi Youtuber terkenal dari nol dan meraup keuntungan dengan gaji uang jutaan rupiah?. Hal itu mungkin impian semua Youtuber, khususnya pemula yang baru terjun.

Ada cara praktis menarik perhatian audience (penonton) bagi yang belum punya banyak subscriber, yaitu dengan live streaming di Youtube.

Cara meningkatkan performa live streaming di Youtube agar banyak subscriber

Perlu diketahui, Live streaming Youtube adalah fitur layanan tayangan video secara real time (live) dirilis tahun 2017.

Contohnya Live streaming sepak bola (football) atau live streaming TV Indonesia seperti Indosiar, RCTI, Net TV, kompas TV dan lain-lain.

Live streaming sebenarnya bisa menjadi cara terbaik dan jitu mendapatkan banyak view di video Youtube sekaligus mengembangkan channel youtube Anda.

Baca jugaTips dan Trik Cara Mendapatkan Views Bagi Youtuber Pemula

Saya akan memberikan tips dan triks bagaimana cara live streaming di Youtube yang baik dan benarMulai dari segi persiapan, optimasi, dan alat pendukung streaming apa saja yang digunakan.

Tujuannya supaya streaming Anda menarik perhatian orang dan berpotensi menjadi subscriber baru Anda.

Tanpa basa basi, simak saja penjelesan Kiat Sukses Cara Live Streaming di Youtube Tanpa Subscriber berikut ini.

1. Atur pencahayaan 


Langkah pertama yang dilakukan guna mendukung live streaming Anda sukses yakni pengaturan cahaya. Hal ini supaya video streaming Youtube tidak gelap (kurang pencahayaan).

Kamera handphone terkadang kurang baik mendapatkan lighting yang pas dibanding kamera. Namun, Anda tidak harus beli kamera seharga jutaan rupiah kecuali jika berniat beli dari awal. 

Cukup gunakan kamera ponsel yang dimiliki serta pencahayaan natural dari sinar matahari. Caranya cari tempat di dimana sinar matahari datang. Kemudian tempatkan HP anda disana.

Bagaimana jika live streaming di malam hari?

Anda bisa beli Lampu Selfie Ring Light flash LED. Harganya pun murah meriah.

2. Perhatikan kualitas audio


Kualitas suara yang jernih lebih penting ketimbang konten yang Anda suguhkan. Bila audio jelek, pesan yang tersampaikan tidak jelas dan penonton akan malas bertahan di livestreaming Anda.

Bagaimana cara mendapatkan audio yang baik saat live streaming di Youtube?

Investasikan uang Anda untuk membeli Mikrofon USB. Cara pemakaian Mikrofon USB terbilang mudah, hanya dicolokkan ke port USB handphone Anda.

Untuk membeli Mikrofon USB, dapat Anda cari di toko online yang membanderol dengan harga terjangkau dan pas di kantong.

Sebelum Anda mulai streaming di Youtube, coba lakukan tes kualitas audio. Caranya atur livestreaming Anda ke mode private, berbicaralah sekucupnya lalu lihat video replaynya.

3. Atur posisi kamera


Terdapat teknik dasar kamera yang harus Anda pahami walau sekedar dengan kamera hp. Seperti sudut pengambilan video yang benar supaya tidak ada backlight, pengaturan posisi kamera yang benar dan tepat dan masih banyak lagi. Saya tidak akan menjelaskannya satu persatu, di Internet sudah ada.

Ya intinya pastikan gambar video fokus dan posisi Anda ketika berbicara berada di tengah kamera.

Jika menggunakan laptop atau komputer, atur posisi webcam Anda sedemikian tepat agar posisi wajah Anda berada di tengah agar terlihat profesional.

Anda bisa memakai tripod untuk menjaga kestabilitasan posisi kamera. Jadi, Anda tidak telah memegang hp sepanjang durasi livestreaming di Youtube.

4. Gunakan software live streaming


Software livestreaming digunakan apabila Anda butuh software encoding yang bisa mengirim video dari webcam atau perekam layar (screen recording) ke Youtube untuk disebarkan ke penonton atau subscriber.

Ada beberapa software terbaik live streaming Youtube. Namun saya merekomendasikan pakai software OBS.

Mengapa OBS?

OBS (Open Broadcaster Software) adalah software video live streaming gratis (open source) yang dapat dioperasikan secara mudah teruntuk bagi streamer atau youtuber pemula.

Selain itu, OBS dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Fitur OBS tak kalah dengan software streaming lain yang berbayar (komersil) semisal fitur multiple screen yang berguna jika Anda seorang youtuber gaming.

Bagaimana cara live streaming Youtube dengan software OBS?. Googling aja bos. Banyak yang bahas perihal tersebut dengan lebih detil. OK.

5. Perencanaan live streaming


Perencanaan dibutuhkan jika Anda serius sukses pada konten live streaming di Youtube sebagai ajang mendapatkan perhatian dari calon subscriber.

Sebelum memulai live streaming, tentukan terlebih dahulu topik pembahasan apa yang akan dibicarakan. Kemudian Anda dapat mencatat point-point penting yang akan dibahas. Hal ini penting agar alur live streaming Anda jelas dan terarah.

Buat juga jadwal kapan Anda live streaming di Youtube sehingga para penonton akan tahu kapan live streaming youtube Anda dimulai.

6. Optimasi live streaming


Seperti sebuah website, live streaming juga butuh optimasi supaya lebih seo. bagaimana cara optimasi live streaming di youtube? Mudah saja.

a. Buat thumbnail live streaming

Apa itu thumbnail?. Thumbnail adalah gambar statis yang ada pada video sebelum Anda klik. Tujuannya untuk mewakili isi keseluruhan video. Thumbail ini sifatnya sebagai alat pemikat.

Jadi buatlah thumbnail yang menggambarkan konten dari live streaming Anda saat itu. Bikin thumbnail semenarik mungkin tetapi jangan terlalu click bait ya.

b. Tes kecepatan internet

Internet sangatlah penting dan harus dicek sebelum melakukan live streaming. Pastikan cek berapa kecepatan internet Anda. Jangan sampai internet Anda lemot karena akan mengganggu ketika live streaming. Jika masalah yang dihadapi adalah kekuatan sinyal, carilah tempat terbuka.

c. Persiapan peralatan live streaming

Sebelum live, siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan baik keperluan set-up maupun alat untuk pembahasan konten streaming Anda. Cek semua fungsionalitas alat-alat seperti baterai hp dan mikrofon.

d. Metadata live streaming

Metadata disini maksudnya berupa judul, deskripsi video, dan pemakaian tag. Pastikan buat judul yang menarik dan mewakili konten live streaming Anda. Isikan deskripsi video live streaming dengan kata kunci target yang tepat serta penggunaan tag yang tepat.

7. Perhatikan interaksi penonton 


Jika ada komentar atau pertanyaan dari audience, Anda berkewajiban untuk menjawabnya. Mengapa demikian?. Supaya tercipta interaksi dua arah yang membuat live streaming Anda tidak monoton alias bosan.

Bersikap yang ceria, dan diselingi lelucon atau joke bila Anda mampu. Intinya jangan hanya diam membisu, maka akan menyebabkan penonton lari dari live streaming Anda.

Ingat, algoritma youtube akan merekomendasikan video live streaming yang memiliki interaksi besar ke penonton lainnya, layaknya fitur trending youtube. 

8. Kesimpulan


Menjadi seorang streamer itu tidak lah mudah. Apalagi jika Anda menggunakan youtube sebagai media broadcaster. Kunci sukses menjadi streamer adalah konsisten. Anda jangan pernah menyerah walau saat pertama kali live streaming tidak ada penonton sama sekali.

Persiapkan semua hal yang diperlukan guna mendukung karir Anda di platform youtube. Demikian artikel mengenai Kiat Sukses Cara Live Streaming di Youtube Tanpa Subscriber. Semoga ini membantu Anda dalam hal persiapan menjadi youtuber sukses. Aamiin.

0 Response to "Cara Meningkatkan Performa Live Streaming di Youtube Agar Banyak Subscriber "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel