Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir

.
Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir - Anda mau sukses dalam jangka panjang di dunia bisnis dropship agar dapat uang yang banyak di shopee, tokopedia, bukalapak, atau marketplace lain?
Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir
Selamat, Anda telah berkunjung ke situs yang tepat.

Sebab, saya akan berikan panduan cara sukses dropship di shopee bagi Anda pemula yang ingin berbisnis atau sedang mencari peluang di dropship. Mulai dari bagaimana langkah-langkah dan cara kerjanya seperti apa.

Ingat!! algoritma marketplace itu selalu berubah setiap waktu.

So, baca dan simak baik-baik yah, soalnya tips ini akan berguna bagi teman-teman dropshipper agar toko online Anda tetap aman, sehat, dan bertahan lama.

Sebelum ke topik inti, saya mau bahas sedikit mengenai Marketplace itu sendiri.

Pengertian dan Tujuan Marketplace


Apa itu marketplace?

Marketplace adalah website atau situs jual-beli secara online. Esensinya, marketplace dibuat untuk mempertemukan antara pedagang dan pembeli.

Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir

Namun, saat di pertengahan muncul lah pihak ketiga yang memudahkan proses tersebut. Nah, pihak ketiga itu adalah makelar yang bahasa gaulnya adalah dropship

Jadi sudah terjawab dong, apa itu dropship?

Mekanisme cara kerja dropship ini memanfaatkan platform marketplace dengan cara meneruskan pesanan yang telah diterima dari postingan barang/produk yang ada di toko dropshipper ke toko supplier (penyedia barang).

Apa beda dropshipper dan reseller?

Perlu diketahui, dropshipper tidak menyimpan stok produk untuk dijual, sedangkan reseller harus membeli stok produk terlebih dahulu untuk dijual.

Sistem dropship ini memang terkesan tidak jadi masalah. Tetapi, pihak marketplace telah memberlakukan aturan baru yang memperketat kualifikasi sang dropshipper. Tujuannya untuk menghindari perilaku Dropshipper yang main SPAMMER.

Cara Optimasi Dropship di Platform Marketplace


Anda yang mau dan telah menjadi dropshipper pastinya tidak ingin akun toko online Anda diblokir oleh pihak marketplace kan?.

Oleh sebab itu, pada postingan ini saya akan berikan langkah-langkah jitu supaya bisnis dropship Anda bertahan dalam waktu lama dan sukses meraih pundi-pundi uang. 

Ikuti tips dan polanya seperti berikut:

1. Stok produk sama dengan supplier, namun beda tampilan


Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir

Sebagai dropshipper, pantau dan pastikan jumlah stok barang Anda sama dengan stok supplier setiap harinya. Bila tidak, akan timbul kekacauan, huru-hara, dan wara-wiri.

Sebagai contoh, Anda dan supplier memiliki jumlah produk yang sama sebesar 100 buah. Esoknya, Anda lupa menyamakan jumlah stok, dimana stok supplier telah habis. Pada saat yang sama, produk Anda yang habis di supplier laku dengan orderan yang banyak.

TETEW.

Terus bagaimana dong?

Mau tak mau Anda harus menolak permintaan tersebut. Efeknya, rating Anda akan menurun. Kalau rating sudah turun, toko Anda bakal hancur dan harus buat ulang dari awal. Males bingitkan?

Mengenai tampilan barang, kenapa harus beda?

Sebagai orang yang menggeluti di bidang bisnis dropship, Anda harus membedakan tampilan produk Anda secara gambar (visual), judul, deskripsi, dan variasinya dari tampilan barang yang ada di toko supplier.

Hal ini disebabkan agar marketplace menilai toko Anda sebagai pedagang murni dan jujur bukan dropshipper ala eceng gondok. 

2. Pilih supplier terpercaya dan bagus

Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir
Cari dan tentukan supplier yang benar-benar bagus, terpercaya, dan berpotensial untuk bisnis dropship Anda. Cukup cari satu toko supplier saja dulu, tidak usah banyak-banyak soalnya Anda bakal kebingungan.

Cara memilih supplier yang bagus untuk bisnis dropship di marketplace (Shopee) yaitu:

  1. Pilih toko supplier yang responnya paling cepat dan bisa resi otomatis (cashless).
  2. Cari toko supplier yang produknya di bawah 1000 (seribu) dan ratingnya bagus.
  3. Pastikan apakah sang supplier menerima dropship saat komunikasi berlangsung.

Muncul pertanyaan, Produk apa saja yang bagus dan laris (laku) untuk jualan online di markeptlace?

Begini, Anda jangan terpaku pada produk terlaris. Sebab, nantinya Anda akan mencari supplier yang berbeda. Lain halnya jika Anda fokus pada satu supplier yang keren dan top, pasti di dalam toko supplier tersebut akan ada produk terlarisnya.

3. Buat toko online yang menarik dan informatif


Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir

Untuk bertahan pada bisnis dropship dalam jangka panjang, Anda diharuskan untuk membuat dan membangun toko online Anda se-cantik mungkin dari segi variasi gambar, sampul, dan deskripsi produk yang sifatnya unik.

Anda bisa mengambil data (foto) di toko supplier, lalu upload lah ke toko online Anda. Tidak hanya foto, Anda juga dapat menambahkan video review di YouTube sesuai barang yang Anda jual. Editlah foto dan video tersebut yang eye-catching agar menarik perhatian orang.

Perhatikan juga judul dan harga produk. Usahakan judul barang nyambung atau relevan dengan produk yang dijual dan memiliki volume pencarian yang banyak. Maksimalkan pula panjang kalimat pada judul produk.

Dari segi harga, pastikan harga barang masih masuk akal dan jangan patok harga terlalu tinggi. Anda dapat menaikkan harga barang sekitar 10 - 30 % dari harga produk yang ada di toko supplier.

Selain itu, Anda dapat menampilkan harga awal produk yang dicoret, lalu menampilan harga yang baru (seperti Rp.100.000 menjadi Rp. 85.000), supaya terlihat lebih menggoda dan greget.

Tak lupa, berikan informasi keterangan jam kerja dan jam pelayanan toko. Pokoknya, buatlah toko online Anda terlihat profesional di mata calon pembeli.

4. Tingkatkan pelayanan toko


Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir

Sebagai juragan toko, Anda harus memiliki jiwa pelayanan yang ramah dan fast respon dalam melayani customer atau pembeli. Posisikan diri Anda sebagai customer care, pramugari, atau resepsionis hotel yang notabennya ramah.

Pasalnya, jika Anda tidak fast respon atau ramah maka pelanggan akan meninggalkan Anda dan pergi ke haluan yang lain walaupun ulasan produk di toko Anda baik.

Jadi, etika pelayanan itu sangat amat penting untuk keberlanjutan dari segi rating dan marketing bisnis dropship Anda di marketplace.

5. Share toko online ke media sosial

Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir
Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas toko Anda supaya rating toko online Anda tinggi adalah dengan cara membagi atau share link toko Anda ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Whatsapp atau Tik Tok.

Bisa juga dengan cara live streaming di shopee. Dengan begitu Anda dapat mempromosikan barang jualan sekaligus menjual barang di toko Anda kepada para penonton livestreaming.


Anda pun juga bisa memanfaatkan media periklanan untuk mendobrak trafik toko online. Anda bisa mencoba fitur iklan tersebut untuk melihat hasil awal yang diperoleh seperti apa, bagaimana dampaknya, apakah sesuai harapan (ekspektasi) atau tidak. Semata-mata guna menghindari kerugian.

Kesimpulan


Fokus terlebih dahulu pada satu toko dengan cara optimasi bisnis dropship di marketplace seperti di atas. Jika toko Anda mulai ramai dengan adanya pembeli dan pelanggan dan pastinya sudah mendatangkan profit, maka tak ada salahnya Anda berencana untuk membuat satu toko lagi yang akan Anda kembangkan. Carilah juga tim atau orang untuk mengurusi cabang toko online Anda agar tidak kewalahan.

Sekian dari postingan Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis dropship di shopee atau marketplace lain agar toko online Anda sehat, tahan lama, dan anti blokir.

0 Response to "Cara Sukses Optimasi Dropship di Shopee Agar Akun Tidak Terblokir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel