10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia

10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia - Kebutuhan informasi geospasial di era pandemik ini cukup membawa dampak positif bagi industri yang bergerak di bidang survey dan pemetaan.

10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa sektor BUMN yang bergerak di bidang survey pemetaan. Namun, saya tidak akan mengulas perusahaan BUMN melainkan konsultan yang memiliki jasa (service) dalam pengadaan informasi spasial.

Perusahaan konsultan di bawah ini memiliki sejumlah daftar portofolio pengalaman proyek yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitas dan akuntabilitasnya. Berikut 10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia.

10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia


1. PT. Geonet Infomedia


PT. Geonet Infomedia terlahir sebagai perusahaan survey dan pemetaan dengan moto solution provider. Perusahaan ini memberikan solusi terhadap aspek persoalan geospasial yang dimiliki client berdasarkan ranah pengalamannya yang solid dan tak diragukan.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 1998 dan terletak di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan ini adalah partner ESRI Indonesia dan BlueMarble Geogrpahic

Selain itu, dukungan staff yang berkompeten di bidangnya menjadikan PT. Geonet Infomedia sebagai salah satu konsultan survey dan pemetaan terbaik yang patut diperhitungkan kredibilitas servicenya.

Jasa (service) yang ditawarkan meliputi pembuatan aplikasi GIS, pengolahan citra satelit resolusi tinggi, pengukuran survey teristris, pelatihan Global Mapper, dan penyedia lisensi untuk software ArcGIS dan Global Mapper.

Berbicara kualitas, PT. Geonet Infomedia memegang teguh atas kepuasan para client yang mempercayakannya. Tak heran terdapat client dari sektor pemerintah maupun swasta yang memakai jasa konsultan ini sebagai pemecah solusi di tengah hiruk pikuknya perkara dinamika geospasial yang mereka alami.

2. PT. Waindo SpecTerra


PT. Waindo SpecTerra merupakan konsultan yang bergerak di bidang jasa survey dan pemetaan terutama di bidang GIS, fotogrametri, dan LiDAR. Perusahaan yang didirikan tahun 1996 telah memiliki segudang pengalaman terkait layanan solusi pemetaan.

Didukung oleh 150 tenaga ahli di bidangnya, PT. Waindo SpecTerra yang terletak di Jakarta Selatan dan di Yogyakarta adalah partner dari ESRI geospatial Indonesia sebagai salah satu gis provider terbaik. Perusahaan ini juga memiliki popularitas di kalangan konsultan pemetaan atas tender proyek yang dimenangkannya.

3. PT. Kwarsa Hexagon


PT. Kwarsa Hexagon adalah perusahaan konsultan yang bergerak di bidang survey dan investigasi. Perusahaan yang berbasis di Bandung ini telah didirikan sejak tahun 1982 dan terkenal dengan pelayanan jasanya di bidang geoteknik dan sumber daya air.

Pengalaman proyek yang dikerjakan selama 38 tahun dan dukungan dari 400 tenaga ahli membuat PT. Kwarsa Hexagon dipercayakan oleh para client untuk menyelesaikan permasalahannya. Salah satunya seperti studi lingkungan untuk perencanaan pembuatan jalan highway oleh PT. Hutama Karya di Langkat.

4. PT. Mahakarya Geo Survey


Perusahaan konsultan yang satu ini ahli di pemetaan eksplorasi laut untuk keperluan oil and gas. PT. Mahakarya Geo Survey didirikan pada tahun 2005 dan berkembang menjadi salah satu penyedia layanan di bidang survey seismik dan navigasi laut yang terpercaya.

Jasa lain yang ditawarkan oleh perusahaan ini meliputi survey hidrografi, survey geofisika, survey geoteknik, survey topografi, suvey metocean, dan survey pemetaan aerial. Tak heran bila PT Mahakarya Geo Survey memiliki client besar seperti PT. Pertamina dan Chevron.

5. PT. ASI Pudjiastuti Geosurvey


Perusahaan yang dimiliki oleh Susi Pudjiastuti, mantan menteri KKP dan pemilik dari Susi Air adalah salah satu perusahaan penyedia jasa pemetaan Airborne LiDAR (lidar mapping companies) terbesar di Indonesia. Didirikan tahun 2009, PT. ASI Pudjiastuti punya segudang pengalaman yang tidak diragukan.

Perlu diketahui, Airborne LiDAR adalah teknologi pemetaan yang masih jarang digunakan oleh kalangan surveyor. Selain membutuhkan pesawat terbang, sensor alat LiDAR juga terbilang cukup mahal.

Berbicara kualitas, harga tidak pernah berbohong. Hasil jasa pemetaan LiDAR (lidar scanning services) dan akuisisi data LiDAR (lidar data acquisition) dari Airborne LiDAR memiliki tingkat akurasi tinggi. Waktu survey yang dibutuhkan juga relatif cepat untuk memetakan objek area yang luas.

6. PT. Zona Spasial


PT. Zona Spasial adalah salah satu perusahaan konsultan survey pemetaan terbaik di Bandung. Perusahaan yang didirikan tahun 2012 ini berfokus pada layanan survey foto udara UAV/drone, survey laser scanner, survey batimetri, dan analisis data citra satelit.

Walaupun usia perusahaan kurang dari 10 tahun, PT. Zona Spasial telah berkembang pesat hingga memiliki sejumlah pengalaman proyek yang cukup banyak ber skala nasional. Tak lupa juga didukung oleh tenaga ahli yang berkompeten di bidang survey pemetaan.

7. PT. WebGIS Indonesia


Dari namanya sudah tahu jika konsultan yang satu ini fokus ke bidang GIS. PT. WebGIS Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di teknologi WebGIS. Selain itu, jasa yang diberikan oleh konsultan ini meliputi survey pemetaan (teristris dan batimetri) dan training.

Terdapat beberapa produk andalan yang ditawari oleh PT. WebGIS Indonesia terkait permasalahan geospasial. Salah satu produknya adalah WebGIS Marketing. Aplikasi tersebut digunakan untuk analisis penjualan bisnis retail baik data statistik hingga menampilkan kompetitor.


8. CV. Pondok Surveyor


CV. Pondok Surveyor adalah konsultan yang bergerak di bidang pemetaan berbasis di Cimahi. Perusahaan ini telah berpengalaman terkait suvey pengukuran baik di darat (topografi), air (batimetri), udara (fotogrametri), dan pengukuran yang menuntut ketelitian tinggi yaitu GPS.

Didukung dengan tenaga ahli yang profesional membuat portofolio perusahaan ini cukup fantastis. Rata-rata proyek yang diterima oleh CV. Pondok Surveyor setiap tahunnya adalah survey topografi dari seluruh Indonesia. Jadi, sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

9. PT. Pageo Utama


PT. Pageo Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang suvey hidrografi. Service yang ditawarkan terkait pemindahan posisi rig, batimetri, survey konstruksi offshore, survey rute pipa laut, inspeksi subsea, dan masih banyak lagi. 

Perusahaan yang dibangun tahun 2004 ini telah melapangkan cabangnya ke kancah Internasional yaitu Singapore dan Malaysia. Terkait pengalaman, jangan ditanyakan lagi. Surveyor staff dan personel lainnya pun juga terlatih. Tak heran, client-clientnya adalah perusahaan besar.

10. PT. Jelajah Survey Konsultan


PT. Jelajah Survey Konsultan (JSK) adalah konsultan pemetaan yang berbasis di Yogyakarta. Konsultan ini telah berpengalaman di bidang survey geodesi. Selain itu, PT. JSK menyediakan jasa penyewaan alat ukur berupa total station dan GPS.

PT. JSK juga menawarkan pelatihan bagi para talenta atau perusahaan lain yang ingin meningkatkan kemampuan staffnya di bidang ilmu pengukuran. Didukung dengan tenaga yang profesional, PT. JSK telah memiliki cabang di Samarinda.

Demikian postingan 10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa jadi bahan referensi ke depannya.

0 Response to "10 Perusahaan Konsultan Survey dan Pemetaan Terbaik di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel