8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik -  Menjadi artis/selebriti online dengan jutaan pengikut (followers) kini banyak dilakukan orang. Sejak tren yang dimulai dari Youtube, fenomena ini ikut menyebar ke media sosial lain seperti Instagram & TikTok.

5 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik 2020

Berbicara TikTok, aplikasi yang dirilis tahun 2016 dari Cina ini awalnya hanya menaklukkan pasar Asia saja. Namun, setelah penggabungannya dengan aplikasi Musical.ly yang mirip semacam tik tok, aplikasi sejenis video-sharing ini menjadi sangat populer di dunia.

Baca juga10 fakta mengejutkan tiktok yang harus kamu ketahui

Memiliki banyak followers dan terkenal di Tik Tok tidaklah mudah seperti yang Anda pikirkan. Sengitnya persaingan memaksa Tiktokers harus tahu cara membuat video TikTok dengan kualitas lebih bagus dari video orang lain.

Hal yang mungkin bisa dilakukan agar konten TikTok Anda terlihat keren adalah dengan cara mengedit video Tik Tok melalui aplikasi pengolah video di smartphone (Android & iOS). Ada beberapa aplikasi pilihan terbaik pengedit video Tik Tok yang mudah digunakan khususnya bagi pemula.

Berikut 8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik 2020 yang bisa jadi pilihan supaya video Tik Tok Anda dapat masuk fyp (for your page) dan berpotensi menambah jumlah fans di akun TikTok Anda..

Baca jugaCara pilih waktu dan jam posting video Tik Tok supaya fyp

1. InShot


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

InShot adalah aplikasi editor video TikTok yang mungkin sedang naik daun. Aplikasi dari Cina ini memiliki tampilan layout yang friendly user sehingga mudah dipahami.

Aplikasi pengedit video HD (High-Definition) di Hp ini memiliki segudang fitur dasar (basic) untuk mengolah video TikTok Anda terlihat profesional.

Berikut fitur-fitur yang ada pada InShot di antaranya:
  • Pemotongan video (cut,crop,trim
  • Pembagian video jadi dua atau lebih (split
  • Penggabungan beberapa video jadi satu (merge)
  • Perubahan latar belakang video (colorful & blur background )
  • Konversi (format MP4), kompres, dan transisi video
  • Pengaturan kontras dan kecepatan video (slow, fast speed)
  • Penambahan text, musik, stiker animasi, filter, dan efek
  • Export video TikTok kualitas resolusi HD
  • Share video ke media sosial seperti IG, WA, FB, & Tik Tok

Sayangnya, InShot tidak menyediakan galeri musik (music library) yang bebas hak cipta (free royalty) untuk elemen video TikTok Anda.

Aplikasi InShot tersedia pada sistem operasi (OS) Android dan iOS. Anda juga bisa unduh (download) aplikasi ini secara gratis di Google Playstore dan App Store.

Walaupun gratis, terdapat penanda (watermark) berlabel "InShot" pada hasil editing video. Jika ingin menghilangkan watermark dan iklan-iklan (ads) yang muncul, Anda beli aplikasi InShot pro versi berbayar.

2. FilmoraGo


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Jika Anda mengalami kesulitan perihal cara belajar mengedit video TikTok, FilmoraGo mungkin bisa menjadi solusi tepat. Pasalnya, aplikasi video editor untuk Android dan iOS ini dibekali fitur pengolahan video yang terbilang oke.

Apa itu FilmoraGo?

FilmoraGo adalah aplikasi pengedit video di handphone (Hp) yang diciptakan dan dikembangkan oleh Wondershare asal Cina. 

FilmoraGo ibarat versi mobile-nya dari Filmora9 dan Filmora Pro, yang merupakan salah satu software pengedit video terbaik untuk desktop (komputer/PC & laptop). 

Lalu, apa saja fitur-fitur FilmoraGo?
  • Penambahan teks. Fitur ini bisa menyisipkan teks, judul, dan gambar sebagai elemen pelengkap saat proses suntingan di video TikTok Anda.
  • Penambahan musik Video TikTok tanpa diiringi musik pasti bakalan monoton. Tapi jangan khawatir, FilmoraGo bisa menambahkan musik favorit kesukaan Anda saat editing. Selain itu, terdapat sejumlah deretan lagu siap pakai yang tersedia di galeri musik FilmoraGo.
  • Template video. Jika Anda tidak punya waktu dan ingin mengedit video TikTok dalam waktu cepat, maka FilmoraGo telah menyediakan template dengan berbagai tema, filter, dan efek yang bikin video TikTok Anda memukau penonton..
  • Editing Tools. Layaknya aplikasi pengedit video lainnya, FilmoraGo juga memiliki fitur suntingan video seperti cutdeleteoverlayrotate, dan duplicate. Pokoknya fitur tersebut sangat esensial untuk kebutuhan editing-mu.

Akan tetapi, dari berbagai review para pengguna (users) aplikasi pengolah video di android ini, terdapat kekurangan yang ada pada FilmoraGo. Nah, berikut kekurangannya:
  • Tidak mendukung sepenuhnya semua format file musik
  • Tidak bisa menambahkan file gambar GIF
  • Durasi rendering video terbilang cukup memakan waktu
  • Adanya pembatasan tools pada versi gratis yang dulunya dapat digunakan

Jika Anda membeli versi FilmoraGo Premium Pro, maka keuntungan yang diperoleh sangat banyak. Salah satunya adalah dapat menghilangkan watermark pada hasil editing. Hal ini sangat penting sekali bagi Anda yang ingin mengunggah video ke Youtube.

Selain itu, fitur-fitur editing yang tersedia pada FilmoraGo versi berbayar pastinya lebih lengkap ketimbang FilmoraGo gratisan, contohnya seperti fitur key frame, koreksi otomatis warna, tema dark mode, efek, stiker, dan filter-filter yang lebih banyak serta menarik.

3. Funimate


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Funimate secara perlahan menaiki tangga popularitas sebagai salah satu aplikasi video editor android yang banyak digemari remaja Tiktokers. Hal ini tak lepas juga dari banyaknya efek-efek yang ada pada software tersebut seperti slowmotion dan transisi yang mulus.

Berikut fitur-fitur dari aplikasi Funimate:
  • Efek video. Funimate memiliki ratusan fitur efek video yang mendorong kreativitas dari penggunanya untuk berkreasi. Salah satu contohnya adalah efek animation.
  • Penambahan musik. Melalui fitur ini, file audio atau musik dapat dimasukkan ke dalam video atau sekedar untuk membuat video berdurasi pendek yang diiringi musik seperti video TikTok. 
  • Kolaborasi (Colab). Fitur colab ini akan mempermudah Anda pada pembuatan video kolaborasi TikTok dengan orang lain.
  • Penambahan stiker dan teks. Pada aplikasi funimate, telah tersedia kumpulan stiker dan emoji yang bisa digunakan sebagai elemen pengedit video TikTok. Tak lupa juga penambahan teks dengan berbagai style dan fonts.
  • Pemotongan dan penggabungan. Fitur cut and trim pastinya sebagai aplikasi pengedit video sudah ada. Selain itu, fitur merging video juga tersedia.
  • Video loops. Fitur ini memudahkan Anda pada proses pembuatan video pengulangan (loops) yang berdurasi singkat.

Aplikasi Funimate dapat Anda unduh secara gratis di Google play store. Namun, jika ingin menikmati fitur-fitur premium yang Anda pada funimate, maka Anda harus membayar versi pro-nya yang sangat worth it sekali.


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Zoomerang menjadi aplikasi android pengedit video TikTok yang direkomendasikan bagi pemula. Hanya satu sentuhan tombol klik saja, aplikasi yang berasal dari Negara Armenia tersebut akan mempercantik video TikTok Anda dari tutorial yang telah disediakan.

Tutorial tersebut berupa kumpulan video-video TikTok terkenal dan trending. Tujuannya agar para newbie dapat membuat reka ulang video TikTok tersebut dari segi pemakaian efek transisi yang sulit diterapkan, emoji & stiker, hingga penggunaan text apa yang terbaik.

Fitur editing video yang dimiliki aplikasi Zoomerang sama halnya seperti aplikasi mobile editor video lainnya. Namun, satu hal yang berbeda adalah kemampuan Zoomerang dalam menganalisa dan memilih spesial efek sesuai lagu yang ditambahkan ke dalam video.

Alhasil, hasil editing video TikTok di Zoomerang sangatlah eye-catching. Jadi, Anda tidak usah repot-repot berfikir untuk memilih efek atau filter apa yang cocok. 

Jika tertarik menggunakan aplikasi zoomerang sebagai software pengedit video TikTok, Anda bisa dapatkan apk zoomerang ini di google playstore secara gratis. Tetapi jika ingin mengakses fitur premium zoomerang, Anda harus membeli versi berbayarnya.

8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Jika Anda penggemar aplikasi InShot namun ingin mencari alternatifnya, maka Vizmato bisa jadi pilihan terbaik. Aplikasi android pengedit video yang dikembangkan dari India ini dapat menjadikan video TikTok Anda sangat keren diedit olehnya.

Vizmato memiliki fitur yang mendukung bagi para pemula TikTokers untuk memproduksi konten video TikToknya. Beragam fitur dasar editing video telah ada di aplikasi tersebut seperti cut, trim, & merge video.

Fitur efek slowmotion pada Vizmato dianggap paling baik oleh para reviewer diantara aplikasi editor video yang lain. Vizmato juga memliki fitur GIF Maker, baik itu dari video maupun dari teks (seperti callout).

Selain itu, terdapat fitur Audio FX di aplikasi Vizmato yang dapat merubah suara Anda seperti bayi atau chipmunk yang melengking.

Jadi, tak ada salahnya bila Anda mencoba aplikasi Vizmato sebagai aplikasi pengolah video TikTok. 

Jika Anda berniat ingin terkenal dan sukes memiliki banyak fans dan followers di dunia per-TikTok-an, fitur premium dari aplikasi Vizmato bisa menjadi software editor andalan untuk video TikTok Anda.


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Aplikasi Timbre didesain untuk mengonversi segala jenis format file audio di hp android. Aplikasi ini memang cocok bagi Anda penyuka musik. 

Kreator TikTok apabila ingin membuat video GIF atau memotong sebagian lagu, maka Timbre bisa jadi pilihan untuk diinstal.

Berikut beberapa fitur-fitur dari aplikasi Timbre:
  • Audio dan video cutter. Aplikasi Timbre secara cepat dapat memotong bagian file audio dan video yang Anda ingin buang.
  • Audio dan video joiner. Selain pemotongan, Timbre juga dapat menggabungkan beberapa audio atau video menjadi satu bagian.
  • Audio dan video converter. Dengan fitur ini, koversi file audio dan video ke format lain dapat dilakukan. 
  • Video to Audio. Timbre dapat mengekstrak dan mengambil suara yang ada di video menjadi audio seutuhnya.
  • Video to GIF. Mengonversi jenis file video ke dalam bentuk animasi GIF.
  • Audio dan Video splitter. Membagi file suara atau video menjadi beberapa bagian. 

Terdapat fitur Timbre yang menurut saya menarik, yaitu fitur text to speech. Dengan fitur ini Anda tidak harus merekam suara Anda, Timbre akan merubah text yang Anda sediakan menjadi audio.


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik


YouCut adalah aplikasi android pengolah video yang memiliki fitur cukup banyak dibutuhkan untuk pengeditan video TikTok. Aplikasi ini memiliki slogan "Free Watermark", yang berarti Anda tidak harus membayarnya untuk menghilangkan watermark.

YouCut menawarkan beberapa fitur yang dapat dinikmati para pengguna secara gratis, seperti:
  • Pengaturan warna, kecepatan, dan aspek rasio video. 
  • Pergantian latar belakang (background).
  • Trim, cut, merge, dan split video.
  • Penambahan musik, teks, stiker, dan emoji.
  • Kompres video

Aplikasi YouCut cukup banyak diminati mengingat aplikasi ini tidak menampilkan iklan (ads) saat Anda mengedit video. 

Namun jika Anda ingin meng-upgrade ke versi YouCut Pro dengan fitur yang lebih lengkap, maka tidak ada salahnya berinvestasi demi konten TikTok yang lebih baik.

8. VivaVideo


8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik

Urutan terakhir ada VivaVideo, yang merupakan aplikasi android editor video yang paling banyak didownload. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Cina ini memiliki fitur penyunting video yang super lengkap.

Aplikasi VivaVideo mudah digunakan sehingga bagi yang awam pun akan mengerti dengan cepat. Fitur yang disediakan seperti penambahan teks, musik, stiker, dan emoji juga ada. 

Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil editing video dalam bentuk draft jika ingin melanjutkannya esok hari sebelum di-rendering.

Sayangnya masih terdapat kekurangan bila Anda menggunakan VivaVideo versi gratisan. Watermark yang cukup besar, kualitas hasil video yang dibatasi hanya 480p, dan fituf-fitur yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan editing video TikTok yang terkunci.

Namun, bila Anda membayar versi premium, maka aplikasi ini akan mengantarkan Anda kedepan untuk siap menjadi sensasi idola di TikTok.

Kesimpulan


Video  sederhana mungkin saja tidak menarik perhatian publik. Namun melalui editing yang sempurna dan fantastis seperti adanya efek, filter, dan ekspresi raut wajah yang tepat, maka video Anda akan menjadi pusat perhatian penonton. 

Oleh sebab itu, pilihlah software pengolah video TikTok yang cocok bagi Anda baik dari segi kemudahan, kelengkapan, dan kebutuhan.

Demikian 8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik 2020. Semoga bermanfaat!

0 Response to "8 Aplikasi Android Pengolah Video Tik Tok Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel