Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja

Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja - Halo sobat jobseeker!, kamu datang ke postingan ini pasti ingin tahu bagaimana cara mencari kerja di LinkedIn kan?. Saya tahu betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan sekarang.

Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja

Tapi jangan khawatir, saya akan kasih tips dan trik bermain di LinkedIn untuk pemula. Tujuan postingan ini untuk mengajak kamu aktif menggunakan LinkedIn dan memaksimalkan fitur-fitur kerennya dalam membangun personal branding.

Sebelum itu, ada yang tahu tidak apa itu LinkedIn?. LinkedIn adalah media sosial bagi para profesional yang membagikan (sharing) pengetahuan dan informasi terkait dunia kerja.

Jadi buang jauh-jauh stigma bahwa LinkedIn adalah platform menaruh CV kamu secara online atau situs untuk mencari lowongan kerja.

Anda keliru dan salah besar!.

Namun pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana cara membuat dan menggunakan LinkedIn supaya menarik perhatian HRD?

Gampang banget. Begini cara memulainya:

  • Kunjungi website LinkedIn
  • Klik mendaftar (sign up)
  • Isi lengkap biodata diri, pendidikan, kualifikasi & pengalaman kerja.
  • Klik bagian jobs, pilih lokasi, dan nama profesi/jabatan. . 
  • Pilih lowongan pekerjaan yang sesuai.
  • Terakhir, klik apply.  

Mudah kan?. Ya ialah. Tapi yang sulit itu adalah mendapatkan pekerjaannya.

Di jaman sekarang penting sekali membangun kredibilitas kita secara online. Salah satu media sosial yang paling cocok menurut saya adalah dengan menggunakan LinkedIn.

Lantas, apa manfaat dari penggunaan LinkedIn?

LinkedIn memiliki fungsi yang lebih dari kamu bayangkan. Beberapa manfaat utama menggunakan LinkedIn diantaranya:

  • Memperluas jaringan (nerworking). Di situs LinkedIn kamu bakal terekspos ke calon rekruiter, investor, & customer. LinkedIn juga tempat berkumpulnya orang-orang dari berbagai kalangan. Jadi, bagi kamu yang lagi nganggur, LinkedIn bisa diandalkan.
  • Memperkuat personal branding. LinkedIn bisa dijadikan sebagai tools marketing yang ampuh untuk memulai dan mengembangkan personal branding yang kamu punya terkait promosi dan sebagainya.

Sekarang kita lanjut ke inti postingan yaitu tips cara terbaru membuat dan mengelola akun profil LinkedIn yang menarik serta profesional agar dilirik para HRD supaya langsung keterima kerja. 

1. Update Profile Terbaru LinkedIn mu

Ada banyak komponen pada seksi profil LinkedIn yang harus diperbarui dan dioptimasikan. Apa saja yang harus di-update pada profile LinkedIn supaya menarik dan terlihat cantik di mata orang?. Mari kita bahas satu persatu, diantaranya:

  • Foto profil. Jika kamu sudah buat akun LinkedIn, hindari menaruh foto alay ala-ala instagram. Cari dan pasanglah foto terbaik dari diri kamu yang formal. Kamu juga bisa tambahkan foto background sebagai pendukung atau biarkan default saja.
  • Headline profil. Jangan masukkan satu profesi di headline. Cantumkan hal lain seperti kamu kuliah dimana, ahli di bidang apa, atau pernah kerja dimana. Sebab, headline profil akan nempel dimanapun ketika kamu komen dan like postingan orang.
  • Ringkasan profil. Berhenti malas dan tulis summary yang unik. Sebab, orang akan kenal siapa dirimu melalui ringkasan about di profil. Tips cara menulis about LinkedIn yaitu urutkan mulai dari latar pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dan keahlian.
  • Pengalaman kerja & edukasi. Bagi lulusan baru bisa diisi kegiatan saat kuliah, magang, atau project. Berikan juga deskripsi, hal pencapaian, & info pendukung (file attachment)Terkait pendidikan, tambahkan kegiatan organisasi & nilai IPK.
  • Lisensi & Volunteer. Cantumkan sertifikasi atau lisensi sebagai bukti untuk menyakinkan para rekruiter bahwa kamu berkompeten di bidang yang kamu unggulkan. Untuk volunteer dapat diisi kegiatan sosial yang sudah dilakukan.
  • Kustom URL profil. Edit url profil LinkedIn supaya mudah diingat dan dapat dimasukkan pada CV atau e-mail saat kirim lamaran kerja. Bagaimana cara ubah url profil LinkedIn?. Pergi ke profile, pada pojok kanan atas klik edit your custom url

2. Manfaatkan Fitur Rekomendasi LinkedIn


Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja
Jangan remehkan fitur rekomendasi pada LinkedIn. Sebab, fitur tersebut dapat menguatkan posisi kamu di mata rekruiter. 

Kamu bisa minta tolong kepada teman kuliah, rekan kerja atau proyek, serta bos di kantor untuk menuliskan testimoni tentang diri kamu terkait bagaimana hasil pekerjaan mu.

Tips dan trik cara mendapatkan rekomendasi di LinkedIn adalah dengan memberikan rekomendasi duluan ke teman atau rekan kerja.

Saat kamu ingin meminta rekomendasi, berikan highlight mengenai keahlian atau skill apa saja yang harus di tulis. Jadi akan mempermudah mereka untuk menuliskan ulasan rekomendasi.

3. Rajin Posting Tulisan di LinkedIn


Rajin-rajinlah posting tulisan atau artikel di LinkedIn agar kamu tidak hanya sekedar memperkuat branding saja, melainkan punya perspektif bagus di industri atau sektor tertentu. 

Postinglah tulisan yang konstruktif dan berfaedah terkait bidang keahlian mu atau isu-isu terhangat. Namun jangan posting hal yang berbau hoax, memancing kemaharan publik, atau status semacam di Facebook.

Tips cara postingan LinkedIn banyak yang like dan komen adalah buatlah postingan yang bermanfaat bagi pembaca dan tak lupa tag nama influencer atau selebriti di LinkedIn yang sekiranya bakal boost up visibilitas tulisan mu.

Jika kamu tidak memiliki bahan tulisan, tapi ingin terlihat aktif sembari mempromosikan diri di LinkedIn. Caranya gampang, kamu bisa berikan like dan komentar pada postingan orang. 

Dengan demikian, nama dan headline kamu akan muncul di beranda koneksi LinkedIn mu. Jadi, orang akan tahu kamu ahli di bidang apa, kerja dimana, atau sedang mencari pekerjaan.

4. Perbanyak koneksi di LinkedIn


Tak kenal maka tak sayang, oleh sebab itu aktiflah menambah koneksi pertemanan di LinkedIn. Sebab, kamu bakal dapat menerima segala informasi termasuk lowongan kerja dari hasil share atau like yang dilakukan temanmu di beranda LinkedIn.

Saran saya, perbanyaklah koneksi dengan HR supaya kamu tidak ketinggalan info loker dari mereka. Coba juga kirim pesan pribadi atau DM dan tanyakan apakah perusahaan sedang buka lowongan. Tentunya PM dengan gaya bahasa yang sopan.

5. Gunakan Fitur Pencarian LinkedIn


Jika kamu yakin telah memperbagus profil LinkedIn yang cukup lengkap. Saatnya gunakan fitur pencarian LinkedIn.

Bagaimana caranya?

Masukkan kata kunci seperti "lowongan kerja", "loker", "hiring", atau "dibutuhkan" seperti tampak gambar di bawah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kata kunci seperti nama jurusan atau profesi kamu inginkan pada kolom pencarian. 

Filter hasil pencarian berdasarkan "content". Maka kamu akan menemukan postingan lowongan pekerjaan baik di Indonesia mau di luar negeri yang ditulis oleh HR atau orang lain di timeline.

Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja

Selanjutnya, lihat lowongan yang sesuai kualifikasi kamu. Jika cocok, baca syarat dan ikuti petunjuk cara pengiriman apply-nya, apakah melalui komentar, kirim pesan, atau kirim e-mail.

Setelah apply, banyak-banyaklah berdoa dan siapkan dirimu juga apabila terpanggil untuk proses berikutnya seperti interview atau tes hingga sampai kamu mendapatkan pekerjaan yang dinanti.

Mungkin itu saja postingan saya mengenai Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja. Silahkan manfaatkan situs LinkedIn sebaik-baiknya. Saya sendiri pun sebenarnya belum punya pengalaman mendapatkan pekerjaan di LinkedIn. 

So, Jangan menyerah dan tetap semangat!

0 Response to "Cara Gunakan LinkedIn Lebih Menarik Buat Cepat Dapat Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel