Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bergabung di Creator Fund TikTok dan Hasilkan Banyak Uang

Cara Bergabung di Creator Fund TikTok dan Hasilkan Banyak Uang - Mendapatkan uang hanya posting video TikTok sesaat lagi mungkin akan jadi kenyataan. Pasalnya, TikTok telah meluncurkan program bernama Creator Fund.

Apa sebenarnya Creator Fund itu?

Creator Fund adalah program pendanaan dari TikTok yang telah diluncurkan pada bulan Agustus 2020 sebagai bentuk dukungan terhadap Tiktokers secara finansial. Kreator TikTok yang telah tergabung nantinya akan menghasilkan uang dari setiap jumlah tayang (views) pada video TikTok mereka.

Lantas, apa syarat dan kriteria kelayakan pada sebuah akun TikTok agar dapat bergabung (join) di program creator fund?. Berikut persyaratannya:
  • Memiliki akun TikTok Pro
  • Memiliki jumlah 10.000 pengikut (followers) 
  • Jumlah penayangan video TikTok lebih dari 10.000 views selama 30 hari
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Berlokasi di salah satu negara dimana Program Creator Fund ditawarkan.
Sejauh ini hanya kreator TikTok yang berasal dari negara Amerika, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, dan German yang dapat bergabung ke program Creator Fund. 

Saya kurang tahu jika pemakaian VPN akan bekerja atau tidak. Namun yang pasti, Creator Fund perlahan akan dibuka secara global, termasuk di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan dana program dari 200 Juta USD hingga 1 Milyar USD. So, ditunggu saja yah para Tiktokers Indonesia tercinta.

Bagaimana cara mendaftarkan akun TikTok ke Program Creator Fund?

Ada dua skenario untuk bisa gabung ke Creator Fund TikTok 
  1. Anda akan mendapatkan notifikasi undangan secara otomatis dari TikTok untuk bisa berpartisipasi.
  2. Cek di settingan akun TikTok pro untuk melihat apakah akun TikTok Anda dapat bergabung atau tidak.
Berikut cara mendaftarkan akun TikTok ke Program Creator Fund.
  • Klik Profil akun TikTok
  • Klik Setting and privacy
  • Pilih Pro Account
  • Pilih Join TikTok Creator Fund
  • Klik Apply jika semua syarat terpenuh ditandai ceklis hijau
  • Klik Next untuk konfirmasi setting metode pembayaran
  • Selamat, Anda telah tergabung di Program Creator Fund TikTok.

Bagaimana cara cek uang di Creator Fund TikTok?

Pengecekan uang di program dana TikTok ini bisa dilihat pada dashboard Creator Fund TikTok. Jumlah uang  muncul di dashboard tersebut adalah penghasilan 3 hari yang lalu. Sebab, proses akumulasi yang dibutuhkan untuk menampilkan penghasilan (earning) video TikTok berdasarkan jumlah tayang (per view) adalah 3 (tiga) hari.

Bagaimana pengambilan uang yang terkumpul di Creator Fund TikTok?

Perihal penarikan uang atau istilahnya PO (pay out) penghasilan, Anda akan menerima uang pembayaran dari Program Creator Fund TikTok setiap akhir bulan. Metode pembayaran yang digunakan adalah Paypal. Jumlah batas minimun uang yang dapat ditarik sebesar $50.

Penyebab Tidak Bisa Daftar Creator Fund Tik Tok

Beberapa alasan kenapa akun TikTok Anda tidak menerima notifikasi untuk dapat bergabung di Creator Fund TikTok adalah sebagai berikut:

  • Konten video tidak original. Anda sebagai kreator TikTok harus menyajikan video yang benar-benar asli baik itu dari visual video maupun audio. Jangan gunakan musik atau ide yang sudah diduplikasi atau banyak dipakai orang.
  • Rendahnya Rasio FYP (for your page). Agar bisa daftar ke Program Creator Fund, pastikan sumber trafik video TikTok Anda adalah organik yang berasal dari FYP dengan persentase 75%.

Tips Agar Bisa Daftar Creator Fund TikTok

Tipsnya yaitu tingkatkan mutu kualitas produksi konten video TikTok Anda dari segi pengolahan (editing), optimasi waktu posting video, dan pemilihan alat perekam seperti Hp atau kamera.

Untuk pengolahan video Tik Tok, gunakan aplikasi pengolah video TikTok yang mendukung fitur-fitur lengkap, supaya menarik banyak penonton. Sedangkan kapan video TikTok diposting, pilihlah jam-jam terbaik posting video tiktok supaya masuk FYP.

Kesimpulan

Jangan hanya terpaku dengan syarat berapa followers dan views yang terkumpul agar bisa bergabung di Creator Fund TikTok. Sebab, Tik Tok tidak akan membayar seorang artis TikTok terkenal yang telah memiliki jutaan followers dan jutaan views apabila tidak memperhatikan kondisi keorisinilan video dan rasio trafik dari fyp.
 
Demikian postingan Cara Bergabung di Creator Fund TikTok dan Hasilkan Banyak Uang. Semoga bermanfaat!