EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI

EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI - Teknologi geospasial kini tengah menjadi sorotan publik sejak pandemi berlangsung. Berbagai macam tampilan informasi disuguhkan guna mengetahui situasi yang terjadi.

Salah satu kemajuan teknologi geospasial yang kini sedang dikembangkan adalah aplikasi yang menggunakan kecerdasan manusia atau biasa disebut AI (Artificial Intelligence).

Apa itu AI?


AI pada dasarnya adalah sebuah mesin dari hasil proyeksi pikiran manusia untuk memudahkan pencapaian pada suatu pekerjaan yang diselesaikan secara cepat dan efektif.

Lantas, apa aplikasi geospasial terbaik yang memakai teknologi AI?

Mudah jawabannya, EOfactory.

Apa itu EOfactory?


EOfactory adalah aplikasi online atau suatu platform pengolah data spasial yang memadukan teknologi AI untuk keperluan pemodelan dan analisis, khususnya untuk data remote sensing seperti citra satelit maupun drone.



EOfactory diciptakan dan dikembangkan oleh SkyMap Global Pte Ltd, sebuah perusahaan berbasis di Singapura yang bergerak di industri geospasial khususnya pada penyediaan citra satelit beresolusi tinggi seperti PLANET. 


SkyMap Global memiliki cabang di beberapa negara Asia termasuk di Indonesia. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website SkyMap Global di https://skymapglobal.com/

Keunggulan EOfactory


Memiliki software GIS atau software pengolah data spasial lainnya, terkadang memberatkan komputer atau laptop yang berdampak pada kualitas kinerja seseroang.

Namun hal itu tidaklah jadi masalah. Kini telah hadir EOfactory, aplikasi AI pengolah data remote sensing terbaik berbasis web yang dapat diakses pada browser Anda, dimanapun dan kapanpun.

EOfactory menyediakan berbagai macam tools canggih terkait analisis dan pemodelan data imagery yang mana prosesnya dilakukan oleh AI atau mesin kecerdasan manusia (tanpa koding).

Nah, fitur apa yang disediakan oleh SkyMap Global terkait produk ciptaannya? Berikut fitur-fiturnya.

1. Mosaik Citra Satelit


EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI

Mosaik adalah proses menggabungkan data citra dari beberapa scene menjadi satu scene. Proses mosaik ini dilakukan setelah adanya proses koreksi geometrik.

Pada EOfactory, kedua proses tersebut dapat dilakukan. Serahkan saja semuanya pada aplikasi geospasial AI ini, Anda cukup minum kopi sambil menunggu proses selesai.

2. Penghilang Awan dan Kabut


Salah satu penyebab hilangnya informasi yang juga menurunkan kualitas dari citra satelit adalah adanya kumpulan awan atau kabut yang menutupi objek-objek vital penetilian.

Namun Anda jangan panik, EOfactory mampu menghilangkan awan (cloud) dan membersihkan kabut (haze) yang ada pada citra satelit.

3. Deteksi Deforestasi Hutan


Informasi spasial hilangnya area kawasan hutan yang diakibatkan oleh kebakaran atau aktivitas penebangan ilegal, nyatanya sangat dibutuhkan oleh instansi lingkungan.

Pasalnya, hal ini dapat membantu secara teknis terkait dalam hal penanganan dan perencanaan kedepan untuk memonitor dan melindungi kawasan hutan yang belum terkena dampak. 

Oleh sebab itu, perlu adanya data citra satelit terkini serta proses analisis deteksi deforestasi pada suatu kawasan. 

Dengan bantuan EOfactory, deteksi deforestasi dapat dilakukan dengan hasil yang cepat, tepat, dan akurat.

4. Deteksi Bangunan (Building Footprint)


EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI

Melakukan digitasi secara manual terhadap kenampakkan fitur nyata yang ada di citra satelit mungkin terasa membosankan dan menyita waktu.

Apalagi studi areanya yang luas.

Jika terdapat proses digitasi (penggambaran) otomatis, kenapa tidak?

Melalui proses deteksi bangunan yang diektstraksi dari data citra satelit nampaknya bisa dilakukan oleh sistem AI yang ada di EOfactory. Selain bangunan, badan air (water body) yang terlihat di citra satelit maupun di foto drone. 

Pokoknya, semua akan terdelineasi (digitasi) secara otomatis.

Apakah hasilnya akurat?

Coba dan buktikan saja.

5. Perhitungan Jumlah Pohon Sawit


Salah satu cara meningkatkan jumlah pendapatan dan keuntungan bisnis dari suatu perusahaan yang bergerak di bidang plantation adalah dengan mengetahui ketersediaan jumlah pohon sawit di kebun mereka yang siap untuk di panen. 

Informasi kuantitas tersebut biasanya diakuisisi setiap beberapa kuartal. Perhitungan secara manual pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih biaya yang diperlukan.

Bagaimana cara menghitung jumlah pohon kelapa sawit secara cepat dan tepat namun tanpa inspeksi ke lapangan?

EOfactory solusinya. 

Simak video tutorial cara perhitungan jumlah pohon kelapa sawit (palm tree) dengan EOfactory berikut ini:


6. Klasifikasi Tumbuhan (NDVI)


EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI

Mengetahui sebaran area vegetasi di suatu wilayah sebenarnya dapat diidentifikasi melalui proses klasifikasi NDVI dengan penggunaan data citra satelit.

Sebenarnya, apa fungsi dari NDVI itu?

Banyak sekali fungsi yang diperoleh, salah satunya adalah dapat mengecek kesehatan suatu tanaman. 

Misalnya Anda seorang pengusaha bisnis di bidang agrikultur atau seorang petani dengan kepemilikan kebun yang super luas. Anda ingin mengetahui apakah musim panen saat ini akan mengalami kenaikan atau sebaliknya.

Melalui informasi yang ditampilkan dari poses NDVI, Anda akan mengetahui secara rinci daerah kebun mana yang tingkat pertumbuhan tanamannya masih belum teroptimasi.

Oleh sebab itu, penyediaan citra satelit atau foto drone diperlukan guna memetakan area kebun Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar data citra satelit atau foto drone yang Anda miliki dapat diolah sehingga menghasikan informasi NDVI?

Sudah jelas, EOfactory.

7. Data Citra Satelit Yang Sudah Ready!


EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI

Selain keunggulan fitur diatas, aplikasi EOfactory ternyata telah menyediakan data citra satelit dan drone yang dibutuhkan penggunanya. Tugas Anda hanya download saja. 

Jadi, Anda tak perlu khawatir perihal ketersediaan data. 

Cukup gunakan EOfactory, maka tugas kuliah, tugas kantor, maupun tugas studi penelitian Anda yang berkaitan dengan penginderaan jauh (remote sensing) akan terselesaikan.

Oh ya satu lagi..

EOfactory ini GRATIS

Tidak percaya?

Segera daftarkan diri Anda di https://eofactory.ai/

0 Response to "EOfactory, Aplikasi Remote Sensing Terbaik Berbasis AI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel