Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Agar FYP

Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Agar FYP - Salah satu faktor video Tik Tok banyak ditonton adalah kapan video Tik Tok itu diposting. Lantas, bagaimana cara pemiihan waktu (jam) upload video Tik Tok yang bagus supaya masuk FYP? Apakah pada pagi?, siang?, atau malam hari?

Pada postingan kali ini saya akan berikan tips dan trik cara mengetahui waktu atau jam terbaik untuk memposting video Tik Tok supaya masuk FYP dan berpotensi viral. Sebab, kunci viralnya suatu video adalah memiliki konten yang tepat, posting di waktu yang tepat, dan ditonton oleh orang-orang yang tepat.

Berapa Kali Jumlah Video TikTok yang Harus Diposting dalam Sehari?

Berdasarkan pengamatan saya di berbagai akun top artis TikTok terkenal, bahwasannya jumlah ideal postingan TikTok untuk meningkatkan popularitas adalah 2-5 kali dalam sehari. Postingan video TikTok harus berkualitas, bertema (niche), dan tidak random. 

Buatlah konten video TikTok yang singkat, menghibur, unik, dan bikin orang penasaran sehingga terjadi interaksi (engagement) antara video Anda dengan penonton (audience) seperti like, komen, share dan pemutaran ulang video. 

Faktor Pemilihan Waktu Kapan Video TikTok Diposting

Pemilihan waktu terbaik memposting video TikTok bergantung pada lokasi tinggal dan jam aktif followers. Kenapa harus diperhitungkan?. Mari saya jelaskan satu per satu.

1. Lokasi Penonton Video TikTok

Informasi lokasi penonton sangatlah penting supaya tahu kapan video TikTok harus diedit dan diposting. Anda dapat menelusuri data lokasi penonton melalui analytics di akun TikTok Pro. Pada TikTok Pro Anda dapat melihat grafik jumlah views, followers, demografi penonton, serta daftar negara penonton.

2. Jam Aktif Followers Buka TikTok

Jam keaktifan followers membuka TikTok bisa diamati melalui data analitik di TikTok Pro. Segera atur jadwal postingan video TikTok sesuai jam keaktifan followers. Untuk penonton dari Indonesia, saya rasa tidak akan kesulitan karena masih dalam satu zona waktu.

Jam Terbaik Posting TikTok di Indonesia (Best Time to Post TikTok in Indonesia)

Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video Tik Tok Agar FYP

Berdasarkan riset para ahli marketer bahwasannya pengguna media sosial aktif di siang hari saat istirahat dari aktivitas mereka dan malam hari sebelum menjelang tidur. 

Adapun jam-jam terbaik posting video TikTok biar banyak fans/follower dan berpotensi masuk fyp Tik Tok adalah pukul 12.00 siang dan pukul 8 (20.00) hingga 9 (21.00) malam. Jam-jam tersebut adalah waktu tiktok prime time.

Hari Terbaik dan Jadwal Jam yang Tepat Posting Video TikTok

  • Senin. Hari senin penuh dengan kesibukan. Jika Anda posting video TikTok di hari ini, baiknya saat istirahat jam kerja yaitu pukul 12.00-13.00.
  • Selasa. Hari selasa adalah hari terburuk jika posting video TikTok. Soalnya masih dirundung kesibukan. Kalau ingin posting, baiknya jam 15.00-16.00 sebelum pulang kantor.
  • Rabu. Postinglah video TikTok di hari Rabu pada jam 11.00 pagi. Sebab kesibukan orang berkurang dan cenderung gabut. Posting juga pada jam 21.00 malam.
  • Kamis. Rekomendasi jam terbaik posting video TikTok di hari kamis adalah jam 12.00-13.00. Dilanjutkan sore saat orang cek hp di jam 15.00. Posting juga antara jam 20.00-23.00 malam.
  • Jumat. Aktivitas di hari Jumat terbilang singkat. Jadwal terbaik waktu posting video TikTok di hari ini adalah jam 11.00-13.00 siang. Posting juga antara jam 19.00-23.00 malam.
  • Sabtu. Hari Sabtu adalah hari libur bagi sebagian orang di Indonesia. Anda bisa posting video TikTok pada jam 09.00 pagi dan jam 12.00 siang. Persiapkan juga konten TikTok untuk hari esok.
  • Minggu. Curi start posting video TikTok di hari Minggu mulai jam 07.00 jika ingin terkenal. Siapkanlah konten video TikTok terbaik Anda untuk diupload. Posting lah sebanyak 3-5 kali dengan aturan jam bebas. Sebab, intensitas masyarakat berada di depan layar HP meningkat hingga 3x lipat.

Kesimpulan

Posting video TikTok di waktu yang optimal akan memaksimalkan efek visibilitas video. Alhasil, video TikTok Anda ditonton dari berbagai kalangan audience sehingga bisa meningkatkan jumlah views, fans dan followers. Posting video TikTok setiap hari juga bisa meningkatkan kesempatan video TikTok Anda viral dan masuk FYP (for your page). 

Demikian postingan  Cara Pilih Waktu Terbaik Posting Video TikTok Agar FYP. Semoga bermanfaat!