Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Berapa Gaji Penghasilan TikTokers Indonesia

Berapa gaji atau penghasilan kreator TikTok? - Selamat datang TikTokers Indonesia. 

Pertanyaan sederhana, "Apakah main tiktok itu digaji?". Kalau pun iya, Berapakah gaji yang diterima TikTokers pemula? Jawabannya, bisa mencapai puluhan s/d ratusan juta rupiah. 

Wah, besar juga ya gaji atau income kreator TikTok. Gaji seorang pilot saja mungkin kalah. Tapi itu hanya opini saya loh. Kenyataannya apakah itu benar demikian? 

Lantas, Darimana TikTok membayar?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pastikan Anda BACA TULISAN ini sampai kebawah dan tak lupa download dulu aplikasi TikTok di google playstore. Soalnya itu adalah syarat utama cara mendapatkan uang dari tiktok.

Berapa gaji atau penghasilan selebgram TikTok Indonesia?

Anda pasti berfikir "Dari mana sumber asal penghasilan para selebgram Tiktokers itu?". TikTok memang tak seperti Youtube yang memiliki tayangan iklan (ads) di video para Youtuber untuk memperoleh uang.

Akan tetapi di era serba digital ini, promosi produk secara online gencar dilakukan pengiklan agar bisnis jualannya laku. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah endorsement.

Promosi atau endorsement barang menjadi cara bagi kreator Tik Tok untuk mendapatkan uang sebagai penghasilan utama mereka di aplikasi TikTok. 

Walaupun telah ada program pendanaan kreator TikTok (Creator Fund TikTok), akan tetapi program tersebut belum bisa dinikmati oleh TikTokers Indonesia (baca: Cara Bergabung di Creator Fund TikTok dan Hasilkan Banyak Uang

Bagaimana cara agar akun TikTok Anda agar memperoleh endoresement?

  • Tingkatkan popularitas akun Tik Tok Anda berdasarkan jumlah fans followers
  • Pastikan video Tik Tok Anda berkualitas dari segi ide konsep dan editting
  • Jumlah views pada video Tik Tok harus banyak (100k viewers + masuk fyp)
  • Memiliki engagement video TikTok yang baik seperti jumlah likes & comments 
Balik lagi ke inti topik "Berapa Gaji atau Penghasilan yang diterima Kreator TikTok?"

Disini saya akan bahas perihal gaji yang diterima Tiktokers secara tuntas dan lengkap. Mulai dari bayaran per view, per bulan hingga cara mengetahui gaji artis TikTok Indonesia (seperti guide atau panduan lah wkwk). 

Gaji atau Penghasilan TikTokers Per Post

Parameter pembayaran Tik Tok per post ini didasari atas jumlah view atau tayang pada video TikTok. Anda harus bekerja sama dengan pihak sponsorship yang mau bayar mahal (high paying brand) supaya upah gaji (earning) yang Anda terima ikut besar pula.

Semisal video TikTok Anda mengenai promosi brand suatu produk mendapatkan 100k views per posting, perolehan gaji yang Anda terima bisa $1000 (Rp.14 Juta). Besar imbalan tergantung dari kesepakatan Anda terhadap pihak sponsorship.

Lain hal lagi apabila Anda cuma promosi suatu aplikasi (apps). Gaji yang bakal Anda terima per posting video TikTok berkisar $100-$200 (Rp. 1,4 Juta - Rp. 2,8 Juta) saja. Jangan sampai Anda promosi barang tanpa adanya kesepakatan dulu ya, yang ada malah tidak dibayar.

Penghasilan video TikTok Per Post ini juga dipengaruhi oleh negara asal sponsor. Kalau dari US atau Canada, gaji Anda pastinya banyak. Namun, bila dari Asia seperti Indonesia, saya rasa patokan harga endorsement akan mengikuti harga standar lokal. 

Gaji atau Penghasilan TikTokers Per Bulan

Seorang artis selebgram TikTok yang memiliki jutaan followers bisa menghasilkan uang berkisar $1000 - $30000 (Rp. 14 Juta - Rp. 422 Juta). Apalagi kalau produk yang diendorse-nya berasal dari perusahaan yang mau bayar mahal, maka nominal penghasilan artis TikTok per bulan akan jauh lebih besar.

Saya ambil contoh Loren Gray, artis TikTok berusia 18 tahun asal Pennsylvania, Amerika ini memiliki jumlah fans followers di akun TikToknya yang hampir 50 juta pengikut.

Intip Berapa Gaji Penghasilan TikTokers Indonesia

Dari sumber yang saya baca, penghasilan artis TikTok Loren Gray dalam sebulan mencapai $175000 atau sekitar Rp. 2,46 Milyar. 

Revenue atau penghasilan tersebut belum mencakup endorsement yang ia lakukan di Instagramnya, penghasilan adsense dari Youtube, dan promosi di luar medsos.

WOW BANYAK BANGET. 

Bagaimana perasaan Anda setelah mengetahui gaji seorang TikTokers?

Gaji Presiden saja mungkin kalah. Namun, faktanya memang demikian.

Cara mengetahui gaji atau penghasilan Tiktokers

Kini saatnya saya akan kasih tahu Anda berapa gaji artis Tik Tok Indonesia itu. Tapi pada dasarnya, kita tak akan mengetahui secara detil berapa gaji atau penghasilan yang diterima para artis TikTokers Indonesia, kecuali yang bersangkutan membeberkannya.

Disini saya akan mengambil contoh Artis TikTok terkenal di Indonesia yaitu Sandy Saputra atau yang kerap disapa Sandy.

Intip Berapa Gaji Penghasilan TikTokers Indonesia

Pria kelahiran asal Sukabumi, Jawa Barat itu dijuluki King Of Tik Tok Indonesia dengan nama akun TikToknya @sandys.ss. Fans Followers akun TikTok Sandy sudah mencapai 12,6 Juta pengikut (AMAZING). 

Konten video TikTok yang ia upload rata-rata memiliki jumlah tayang diatas 500K views. Kualitas olahan editing video TikTok yang ia hasilkan juga bagus dan menarik untuk terus dilihat.

Pasti banyak dari netizen yang bertanya, "Berapa gaji atau penghasilan Sandy dari video TikTok nya?"

Saya akan bisikin caranya. Namun perlu diingat, perolehan perhitungan gaji setiap akun TikTok sebatas estimasi saja. Kalau mau tahu angka gaji yang asli, DM atau tanyakan langsung ke artis TikTok yang bersangkutan.

Cara mengetahui gaji atau penghasilan artis Tik Tok di Kalkulator TikTok Uang

  • Tentukkan nama akun artis TikTok yang ingin Anda telusuri gajinya
  • Kunjungi Exolyt, yang merupakan web sosial media analis TikTok
  • Masukkan nama pengguna TikTok pada kalkulator uang TikTok
  • Klik hitung penghasilan TikTok
  • Pilih "yes" pada notif persetujuan layanan
  • Maka penghasilan artis TikTok akan muncul
Saya telah coba mencari tahu berapa gaji atau penghasilan TikToknya Sandy dengan tiktok money calculator Indonesia. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:

Intip Berapa Gaji Penghasilan TikTokers Indonesia

Terlihat taksiran penghasilan per video pada akun TikTok Sandy (@sandy.ss) berkisar $1395 - $3488 (Rp. 19,6 juta - Rp. 49 juta)

Wah, banyak sekali ya uang yang diperoleh King Of Tik Tok ini. Belum lagi koin TikTok yang Sandy terima saat ia livestreaming di TikTok. (baca: Cara Mendapatkan Saldo Koin TikTok)

Sekali lagi saya ingatkan, taksiran pendapatan TikTok di atas hanya sebatas estimasi dari perhitungan software buatan ahli social media marketer. Tapi bisa saja penghasilan TikTok Sandy memang berada di range sekian (who knows).

Sekian dari postingan Berapa Gaji atau Penghasilan Kreator TikTok?. Semoga bermanfaat.