Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Omset Bisnis Meningkat Tajam? Pasang Iklan di TikTok Ads, Begini Caranya

Mau Omset Bisnis Meningkat Tajam? Pasang Iklan di TikTok Ads, Begini Caranya

Mau Omset Bisnis Meningkat Tajam? Pasang Iklan di TikTok Ads, Begini Caranya - TikTok merupakan aplikasi yang banyak disukai orang. Tak heran, banyak brand dan marketer berlomba-lomba menggunakan TikTok ads sebagai sarana marketing mereka.

FYI, Indonesia tercatat di peringkat 4 sebagai negara dengan user TikTok terbanyak. Sudah seharusnya Anda seorang online marketer mempertimbangkan TikTok Ads sebagai wadah marketing agar bisnis Anda teroptimasi. 

Apakah Jualan Online di TikTok Bisa?

Berjualan online di TikTok sama seperti di Instagram. Cukup posting konten di akun Tiktok tipe bisnis (bukan pribadi atau kreator), lalu arahkan penonton ke tautan (link) yang ada di profile TikTok Anda. Sehingga penonton akan menuju website bisnis atau produk jualan Anda.

Mau Omset Bisnis Meningkat Tajam? Pasang Iklan di TikTok Ads, Begini Caranya

Buatlah postingan video TikTok yang relevan dengan produk bisnis Anda seperti tips & trik, edukasi, dll supaya orang tertarik. Namun, jika Anda tidak mau repot-repot, silahkan pasang iklan di TikTok Ads. Sebelum itu, pastikan Anda telah memiliki akun TikTok Ads.

Cara Pasang Iklan di TikTok Ads Supaya Bisnis Lancar

1. Registrasi Akun TikTok Ads

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar bisa pasang iklan di TikTok adalah membuat akun TikTok Ads. Caranya adalah mengunjungi situs TikTok Ads terlebih dahulu.

Silahkan Sign Up dan isikan informasi data diri Anda seperti alamat email, negara, industri, business name, time zone, phone, dan currency. Tinggal klik register jika sudah selesai.


2. Buat Kampanye Iklan TikTok Ads

Setelah Anda registrasi akun TikTok Ads, maka langkah berikutnya adalah membuat kampanye TikTok Ads. Pada menu dasboard TikTok Ads, Anda akan menjumpai menu Campaign. Pilih campaign untuk membuat kampanye TikTok Ads. 

Kemudian tentukan advertising objective (tujuan pasang iklan) Anda di TikTok Ads. Terdapat tiga opsi yaitu website conversion, website traffic, dan apps install. Pilih sesuai kebutuhan

3. Pilih Placement & Targeting Iklan TikTok Ads

TikTok Ad Manager memberikan kesempatan kepada sang pengiklan agar dapat menempatkan iklan TikTok Ads nya pada posisi yang terbaik serta optimal. Jenis penempatan iklan TikTok Ads terbagi atas dua yaitu secara automatic dan select placement.


Dilansir TikTok Business Help Center, penempatan iklan TikTok Ads jenis select terbagi lagi menjadi 4 kategori:
  • TikTok. Iklan akan ditempatkan pada laman For You Page (FYP) 
  • News Feed App Series. Iklan akan diletakkan pada newsfeed berita seperti TopBuzz
  • Helo. Hanya tersedia di negara India (peringkat 1 terbanyak pengguna TikTok)  
  • Pangle. Iklan berupa video yang tersedia di beberapa negara termasuk di Indonesia.
Sedangkan penempatan iklan TikTok ads secara otomatis (automatic) akan ditentukkan oleh sistem sesuai kriteria dan target iklan yang diinginkan. Selain penempatan iklan, Anda harus menentukan target audience seperti lokasi, usia, interest, device dll.

Berikut contoh video iklan TikTok Ads

4. Tentukan Budget dan Schedule Tayang Iklan TikTok Ads

Tahap terakhir adalah menentukkan berapa biaya anggaran (cost) yang akan dialokasikan ke iklan TikTok ads Anda. Opsi budgeting di TikTok Ads terbagi atas dua, yaitu untuk daily budget dan lifetime budget. Sedangkan biaya iklan di TikTok Ads minimal Rp. 200.000.


Selain budget TikTok ads, Anda juga diperkenankan untuk menjadwalkan mulai kapan iklan TikTok Ads Anda tayang. Pada bagian bid, Anda dapat mengisikan jumlah cost setiap kali iklan TikTok tayang. Semakin besar nilai bid, maka semakin sering iklan TikTok Anda muncul.

Setelah semuanya ok, Anda hanya menunggu persetujuan dari TikTok saja. Jika disetujui, iklan TikTok Ads yang berisi produk bisnis Anda akan tayang. Tugas Anda hanya memantau kinerja dari iklan TikTok Ads di dashboard.

Demikian dari artikel bagaimana Cara Pasang Iklan di TikTok Ads Supaya Bisnis Lancar. Semoga bermanfaat!